Search
Kamis 18 April 2024
  • :
  • :

BPPTIK akan Diubah Jadi Politeknik Teknologi Informasi

MAJALAH ICT – Jakarta. Kepala Badan Litbang dan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika, Aizirman Djusan mengatakan Kemkominfo merencanakan Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi(BPPTIK) enam tahun kedepan akan menjadi Politeknik Teknologi Informasi.

"Kita dan KOICA kerjasama membuat masterplan tersebut dan saat sudah memiliki masterplan, dalam 5-6 tahun kedepan BPPTIK ini akan menjadi politeknik buat masyarakat khusus di kawasan Jababeka."kata Aizirman usai menerima kunjungan Dirjen Keuangan Kementerian Strategi dan Keuangan Pemerintah Korsel Moon Kyu Bang, di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Menurut Aizirman, sekarang ini BPPTIK sebagai pusat pelatihan dan pengembangan IT dapat mengeluarkan sertifikasi bagi para peserta training IT, yang mengacu kepada standar kompetensi kerja yang kita bangun."Standar kompetensi ini bekerjasama dengan negara lain yang nama MRA (Mutual record agrement) dengan korsel, jepang, dan  negara yang memiliki syarat kompetensi sehingga yang training disini atau memperoleh sertifikasi ini mereka mempunyai suatu kepercayaan yaitu meningkatkan rasa percaya diri mereka." katanya

Selain itu, mereka juga bisa bersaing dengan tenaga kerja lainnya. Mengingat AFTA (asean eknomi komite) akan diterapkan tahun 2015. "Jadi kita bisa juga berkompetisi dengan tenaga kerja yang datang ke indonesia dan juga kita bisa masuk kenegara-negara asean lainnya untuk bekerja di bidang IT." katanya

Dia menambahkan, Target BPPTIK menjadi Politeknik direncanakan  pada 2020-2025 dapat terealisasi. "Kita inginkan BPPTIK menjadi Politeknik IT. Kerana dikawasan Jababeka ini banyak sekali peminatnya untuk mendapatkan pendidikan dan latihan IT," kata melalui laman resmi Kementerian.