Search
Jumat 19 Juli 2024
  • :
  • :

Brain Cipher Buktikan Pernyataannya, Berikan Pembuka Kunci PDN Secara Gratis

MAJALAH ICT – Jakarta. Pelaku ransomware Brain Cipher menepati janjinya untuk memberikan kunci enkripsi dari data di Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 Surabaya yang sudah disandera ransomware Lock Bit sejak 20 Juni 2024.

Lewat pernyataannya dalam Bahasa Inggris, disampaikan

Sekarang kami akan menjawab pertanyaan paling populer.

1) Kami membuat keputusan seperti itu secara mandiri, ini tidak memerlukan intervensi dari layanan khusus dan lembaga penegak hukum.
2) Tidak, tidak ada kesalahpahaman dalam tim kami. Kami adalah tim hebat yang semua orang mendukung keputusan ini.
3) Ini adalah kali pertama dan terakhir korban menerima kunci secara gratis. Untuk lainnya -Selamat datang di obrolan. Kami tidak sedang menawar.
4) Mengapa kami menyerang pusat data? Seperti yang Anda ketahui, pusat data adalah industri teknologi tinggi yang membutuhkan investasi besar, dan setiap orang yang menjalankan bisnis ini harus mengetahui hal ini. 99 dari 100 perusahaan tersebut harus membayar jika mereka berada dalam situasi tanpa harapan. Dalam kasus ini, serangannya sangat mudah sehingga kami hanya memerlukan sedikit waktu untuk membongkar data dan mengenkripsi beberapa ribu terabyte informasi.
5) Kami menyimpulkan bahwa perundingan menemui jalan buntu ketika pihak kedua mengalihkan akses ke perundingan tersebut kepada pihak ketiga (artinya mereka tidak akan mengatakan apa-apa lagi).
6) Kami berterima kasih kepada warga atas kesabaran mereka.
7) Kesimpulan selebihnya bisa Anda ambil sendiri, jangan percaya media. Perhatikan hanya mereka yang “menepati janjinya”.

Kunci enkripsi yang dikirimkan Brain Cipher, menurut Dirjen Aptika yang mengundurkan diri Semuel Pangerapan, kunci tersebut benar bisa membuka speciment data yang ada di PDN.

Tidak hanya mengumumkan telah mengirim dekripsi data PDNS 2, kelompok hacker tersebut juga membagikan tutorial untuk mengunduh kunci dari data yang dienkripsi.