Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

BRTI Kemungkinan akan Minta Klarifikasi Semaputnya Jaringan Telkomsel

MAJALAH ICT – Jakarta. Jaringan Telkomsel dalam dua hari ini mengalami kendala. Disebut-sebut, jaringan terkena ‘holiday effect’ yang membuat trafik meningkat sehingga jaringan semaput. Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), nampaknya tidak akan tinggal diam. Kemungkina BRTI akan memanggil Telkomsel untuk klarifikasi.

Demikian disampaikan Komisioner BRTI, M. Ridwan Effendi. "BRTI Kemungkinan akan meminta klarifikasi Telkomsel," ujar Ridwan menanggapi jatuhnya jaringan operator anak perusahaan Telkom dan Singtel tersebut. 

Dan berbeda dari keterangan yang disampaikan Telkomsel bahwa jaringan bermasalah karena anomali trafik akibat hari libur, Ridwan menerima informasi bahwa jaringan Telkomsel sedang di-upgrade. "Saya menerma SMS informasi yang memberitahukan bahwa jaringan Telkomsel sedang di upgrade," katanya.

Seperti diketahui, sejak kemarin beberapa pengguna operator telekomunikasi yang terbesar di tanah air ini mengeluhkan layanan Telkomsel karena sulit mengakses media sosial lewat jaringan operator tersebut. Informasi tersebut sendiri beredar di dunia maya hingga Jumat (30/5) ini.

Menurut keterangan Telkomsel sendiri, dikatakan bahwa jaringan telah pulih Kamis sore kemarin. Problem yang terjadi diakui karena adanya kelebihan beban pada jaringan anak perusahaan PT Telkom dan Singtel ini. Dan diakui juga bahwa jaringan Telkomsel sedang bermasalah. 

Menurut pantauan Majalah ICT, dari informasi yang beredar di Twitter, pengguna masih mengalami kendala. Seperti ditulis DeR di akun @danrem, dituliskan bahwa hari ini jaringan telkomsel masih ‘no service’. "@Telkomsel kemarin pelanggan diminta reset krn ada maintenance. Hari ini ‘no service’ dimanapun," tulisnya.

Sementara itu akun @monicamrmd menulis "Telkomsel: so much hate for you."