Search
Selasa 25 Juni 2024
  • :
  • :

BTPN Luncurkan Aplikasi ‘Jenius’ untuk Manjakan Pengguna Akses Layanan

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) meluncurkan sebuah aplikasi yang disebut Jenius. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan bagi masyarakat untuk mengakses layanan perbankan. Beberapa fitur disediakan untuk pengguna seperti untuk mengirimkan uang, menabung dan dapat menggunakannya layaknya kartu ATM. Saat ini, aplikasi tersedia untuk iOS dan Android ini.

Dihadirkannya Jenius, menurut  Presiden Direktur BTPN Jerry Ng, hal itu karena teknologi belum dimanfaatkan secara maksimal oleh pelaku perbankan. Misalnya saja, seseorang ingin membuat rekening, dia harus datang ke kantor sebuah bank. Padahal, menurutnya, hal itu bisa dilakukan dengan lebih mudah. 

"Teknologi digital kini telah menyatu dengan kehidupan sehari-hari kita," kata Jerry. Dan pihaknya telah melakukan riset selama 18 bulan untuk mencari tahu keinginan nasabah. Selain itu, mereka juga berkeliling dunia untuk mencari solusi digital banking yang dianggap terbaik. 

Fitur yang dibuat BTPN salah satunya adalah Pay Me. Fitur ini dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pengguna untuk meminjam uang pada teman. Dengan fitur ini, pengguna tinggal memilih nama pengirim dan memasukkan jumlah uang yang diinginkan. Jika pengirim setuju, maka uang akan secara otomatis dikirimkan ke rekening pengguna.

Kemudian ada juga fitur dimana pengguna bisa mengirimkan uang, baik ke sesama pengguna Jenius atau ke bukan pengguna. Fitur Send It ini, jika pengguna melakukan transaksi ke sesama pengguna, maka dapat menggunakan nama pengguna sebagai pengganti nomor rekening. 

Ada juga fitur Dream saver untuk membantu para pengguna Jenius menabung guns  mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan, seperti membeli barang maupun paket berlibur. Caranya mudah, tinggal memasukkan foto untuk menggambarkan keinginan pengguna, dimana foto akan membuat pengguna menjadi lebih semangat untuk mencapai cita-citanya, kemudian masukkan jumlah deposito awal dan atur berapa jumlah uang yang ditabungkan setiap harinya. Jenius akan menghitung berapa lama waktu yang pengguna perlukan untuk mewujudkan impian tersebut.

Pengguna Jenius juga bisa mendapatkan sebuah kartu layaknya kartu ATM. Jika pengguna kehilangan kartu tersebut, maka dia bisa memblokir kartu itu melalui aplikasi Jenius. Pengguna bisa menentukan apakah ingin melakukan pemblokiran secara permanen atau sementara.

"Saat kartu ketinggalan atau hilang, Anda punya dua pilihan. Kembali ke tempat kartu hilang atau menelepon bank untuk memblokir kartu. Dengan Jenius, masalah ini bisa diselesaikan dalam waktu satu menit," kata Wakil Presiden Direktur, Bank BTPN, Djemi Suhenda. Ditambahkannya, jika pengguna sudah kembali mendapatkan kartunya, maka pengguna bisa melakukan unblock. Jika pengguna sudah terlanjur memblokir kartu secara permanen, maka kartu baru akan dikirimkan dalam waktu dua hari.