Search
Rabu 26 Juni 2024
  • :
  • :

Buat Perjalanan jadi Lebih Cepat, Berikut Tips Memesan Layanan Taksi Online Maxim di Jam Sibuk

MAJALAH ICT – Jakarta. Banyaknya aktivitas di luar rumah terutama di jam sibuk (rush hour) seperti pada jam berangkat dan pulang kerja membuat kondisi lalu lintas di jalan perkotaan semakin padat. Hal ini juga berdampak pada sulitnya menemukan pengemudi saat memesan taksi online serta waktu tunggu yang lama.

Tingginya permintaan akan kebutuhan transportasi online di jam sibuk berbanding lurus dengan meningkatnya kemacetan lalu lintas. Dalam situasi ini, pengguna taksi online seringkali membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan pengemudi. Oleh karena itu, pakar dari pengembang layanan transportasi online berbasis aplikasi Maxim Indonesia memberikan tips untuk bisa berangkat lebih cepat dan menguntungkan menggunakan taksi online Maxim terutama di jam sibuk.

Pertama, lakukan pemesanan layanan taksi online lebih awal sebelum puncak jam sibuk. Saat memasuki rush hour, muatan penumpang akan bertambah dan meningkatkan koefisien perjalanan. Di pagi hari, pemesanan taksi online dengan rute pengantaran menuju pusat bisnis akan meningkat. Hal serupa juga terjadi saat jam sibuk di sore hari di mana para pengemudi akan berkumpul di pusat bisnis untuk mengambil orderan pengantaran penumpang ke daerah pemukiman penduduk di pinggiran kota atau kota satelit.

Puncak jam sibuk di kota-kota besar di Indonesia biasanya dimulai dari pukul 08.00 pagi dan berakhir pada pukul 09.30. Jumlah pemesanan taksi online di waktu tersebut akan meningkat dengan perjalanan menuju kantor, sekolah, pasar, dan tempat lainnya. Sebaiknya pesan perjalanan 15-20 menit lebih awal, saat permintaan belum meningkat. Dengan begitu, pengemudi akan tiba dalam beberapa menit.

Sementara itu, puncak jam sibuk akan kembali meningkat di sore hari saat waktu pulang kantor yang dimulai pukul 17.00. Di jam tersebut, mobilitas masyarakat akan semakin tinggi karena orang-orang melakukan perjalan ke tempat tinggalnya masing-masing. Agar tidak kesulitan mencari pengemudi taksi online, penumpang dapat memesan 20 menit sebelum jam sibuk atau setelah pukul 19.00.

Di akhir pekan, jam sibuk akan berubah di mana warga kota cenderung menghabiskan waktu libur mereka di luar rumah. Puncak jam sibuk di akhir pekan terjadi pada sabtu sore hingga tengah malam sehingga direkomendasikan melakukan pemesanan transportasi online 10-15 menit lebih awal atau di atas pukul 21.00.

Di aplikasi Maxim, pengguna bisa memesan layanan taksi online lebih awal dengan fitur ‘Reservasi’. Melalui fitur ini, pengguna dapat menentukan hari apa dan jam berapa mereka ingin memesan taksi online. Pengguna akan mendapatkan informasi pengemudi dan dapat melakukan komunikasi dengan pengemudi tersebut sejak awal.

Tips kedua, ada fitur menarik lainnya yang dapat mempermudah perjalanan pengguna di saat jam sibuk dengan memanfaatkan fitur ‘Multi Destinasi’. Dengan fitur ini, pengguna dapat menentukan lebih dari satu tujuan pengantaran di aplikasi dalam satu pesanan. Dengan begitu, pengguna tidak perlu mencari pengemudi baru saat mampir di suatu tempat baik untuk mengambil barang atau mengantarkan penumpang lain.

Tips terakhir yakni pengguna bisa memanfaatkan fitur ‘Percepat’ di aplikasi Maxim untuk mempersingkat waktu mendapatkan pengemudi. Dengan fitur ini, pengguna dapat meningkatkan nominal tarif sehingga lebih memotivasi pengemudi agar segera merespon pesanan dengan lebih cepat.

“Sebagai pekerja di ibu kota, saya sering kesulitan menemukan pengemudi saat memesan taksi online di jam sibuk, oleh karena itu saya mengakalinya dengan selalu memesan Maxim di awal waktu dengan menjadwalkan perjalanan saya di aplikasi serta memanfaatkan fitur multi destinasi jika saya pulang kantor bersama teman agar lebih hemat,” ungkap Serly selaku pengguna aplikasi Maxim.

Itulah tips yang disarankan tim spesialis Maxim agar bisa lebih cepat mendapatkan pengemudi pada jam Sibuk. Lamanya waktu tunggu taksi online dapat berbeda sesuai dengan kondisi lalu lintas, rute, dan lokasi pemesanan.