Search
Minggu 14 April 2024
  • :
  • :

Butuh 2-3 Tahun Industri Konten untuk Pulih Sejak Surat Edaran BRTI No.177

MAJALAH ICT – Jakarta. Industri konten kini berderak kembali setelah kasus penyedotan pulsa marak terjadi di 2011. Namun begitu, disebut-sebut butuh waktu 2-3 tahun industri konten pulih setelah terbitnya Surat Edaran BRTI No. 177 tahun 2011 lalu, atau yang diistilahkan para operator sebagai peristiwa "Black October".

Demikian dungkap Content Product Manager Indosat Gatot Wibowo Hadiputro. "Butuh 2-3 tahun untuk pulih," katanya. Karena itu, agar tidak terulang kembali kasus sesot pulsa, Indosat mengaku lebih selektif dalam memilih konten yang disediakan untuk pelanggannya.

Indosat sendiri mengharapkan agar bisnis konten bisa bangkit dan memberi kontribusi 25 sampai 30 persen dari total pendapatan Indosat di tahun ini. "Untuk mencapai target tersebut, kualitas konten digital harus ditingkatkan. Masing-masing penyedia konten harus memberikan layanan yang berisi, yang kita yakini benar-benar ada mutunya. Pelanggan pasti senang dengan konten yang punya value, mereka pikir dua kali kalau ingin berhenti langganan," kata Gatot. 

Diungkapkan oleh Gatot, sejak konten SMS menurun, konten yang dianggap menguntungkan adalah jejaring sosial, game, nada sambung pribadi, musik dan video streaming. "Untuk seperti sediakala, butuh dua sampai tiga tahun. Karena itu, Indosat akan berusaha berusaha transparan dalam sistem berlangganan. Kalau pelanggan kecewa, kita bisa kehilangan pelanggan. Kalau pelanggan hilang, kita bakal kehilangan value dan revenue," tandasnya.