Search
Sabtu 13 April 2024
  • :
  • :

Catat Pertumbuhan Positif, Pendapatan PT WIR ASIA Tbk Naik 180% di 2022

MAJALAH ICT – Jakarta. PT WIR Asia Tbk (WIR Group), perusahaan pengembang solusi platform teknologi Business-to-Business-to-Customer (B2B2C) berbasis Software as a Service (SaaS) dengan fitur teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) terkemuka di Asia Tenggara berhasil mencatatkan pertumbuhan kinerja positif selama tahun 2022. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian pendapatan konsolidasi perseroan tahun 2022 sebesar Rp1.694,5 miliar dibandingkan tahun 2021 sebesar Rp 605,5 miliar. Perseroan juga mencatatkan peningkatan EBITDA dan laba bersih yang masing-masing meningkat sebesar 96,2%(2022: Rp89,9 miliar) dan 95,3% (2022: Rp48,1 miliar) dari tahun 2021. Peningkatan laba bersih bersumber dari pertumbuhan pendapatan konsolidasi Perseroan sepanjang tahun 2022 yang berkesinambungan dan berkelanjutan dengan fokus dalam menjaga profitabilitas.

Kedua segmen dibawah ini merupakan pendapatan recurring yang berasal dari unit bisnis DAV, Mindstores, dan Minar yang merupakan solusi platform teknologi Business-to-Business-to-Customer B2B2C) berbasis Software as a Service SaaS). Segmen penjualan barang dan komisi via platform serta promosi dan iklan via platform masing-masing memiliki kontribusi terbesar terhadap total pendapatan konsolidasi Perseroan yaitu 79,7% (Rp1.350,1 miliar) dan 10,2% (Rp172,4 miliar). Kontribusi dua segmen tersebut meningkatjika dibandingkan dengan kontribusi pada tahun 2021 yang mencapai masing-masing sebesar 71,6% (Rp433,9) dan 5,5% (Rp33,4 miliar), khususnya dari segmen promosi dan iklan via platform yang meningkat kontribusinya hampir 2 kali lipat.

“Sepanjang tahun 2022 ini WIR Group terus mengukir sejarah baru dengan mencatatkan sahamnya di pasar modal pada bulan April 2022 dan mencatatkan rekor pencapaian pendapatan tertinggi sejak Perseroan didirikan. Performa positif ini ditunjang oleh pertumbuhan dan pengembangan secara holistik dari unit-unit bisnis perseroan melalui realisasi strateginya baik terhadap unit bisnis B2B maupun platform solusi B2B2C yang didukung dengan penggunaan dana hasil IPO yang optimal. Berdasarkan pencapaian tersebut, kami sangat optimis untuk melanjutkan tren peningkatan tersebut di masa depan dengan menjalankan strategi pertumbuhan dan menjaga inovasi dalam industri teknologi berbasis AR, VR, dan AI secara konsisten.” ujar Michel Budi Wirjatmo, Direktur Utama WIR Group.

WIR Group, senantiasa berupaya untuk membentuk ekosistem industri pengembangan teknologi yang dapat mengintegrasikan O2O (online to offline) serta misi edukasi teknologi web 3.0 yang konsisten kepada masyarakat dalam menuju era sma/Y society. “Kami meyakini bahwa yang dijalankan saat ini, dapat memberikan peluang ekonomi baru dan mendukung proses akselerasi transformasi digital di Indonesia.” tutup Michel Budi.