Search
Sabtu 13 Juli 2024
  • :
  • :

Cegah Pembajakan Sofware, BSA Buat Komik Edukasi

MAJALAH ICT – Jakarta. Guna memerangi pembajakan dan mengharga Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), Busniess Software Alliance (BSA) melakukan edukasi kepada masyarakat dalam bentuk penyebarluasan komik edukasi dan meluncurkan situs baru BSA. Di Situs baru BSA www.pakaisoftwareasli.com, pengunjung dapat menemukan sejumlah informasi mengenai HAKI 

Adapun situs baru BSA dapat di BSA juga meluncurkan situs baru, pakaisoftwareasli.com, sebagai sumber informasi seputar HAKI, khususnya yang terkait perangkat lunak. Sementara untuk komik edukasi, judulnya pun hampir sama dengan tagline dari situs baru BSA, "Software Berlisensi Bisnis Pasti".

""Menurut Zain Adnan, Kepala Perwakilan BSA Indonesia, saat peluncuran komik, tujuan utama membuat komik supaya masyarakat dapat melihat secara kesehari-harian seperti apa software itu dipakainya, dan konsekuensinya seperti apa kalau tidak pakai yang asli. "Agar lebih menarik kalau dibuat komik,” kata Zain beralasan. 

Dijelaskan Zain, industri perangkat lunak di Indonesia sangat menjanjikan. Bahkan industri ini berpeluang untuk menjadi kontributor yang signifikan bagi perekonomian negara. Sebab, katanya, Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial untuk para pelaku usaha, khususnya untuk software, dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat besar. "Sayangnya, potensi industri perangkat lunak ini dinodai adanya tingkat pembajakan yang cukup tinggi. Pada tahun 2011, BSA melihat bahwa 8 dari 10 program software yang digunakan di Indonesia ilegal," kata Zain kecewa. 

Karena itulah, sambung Zain, BSA melihat pentingnya mengedukasi masyarakat seiring, termasuk dengan pembuatan komik. "Ini merupakan hasil dari upaya bersama BSA dan bidang industri kreatif di Indonesia. Di mana Beng Rahadian adalah co-author komik edukasi ini. Ilustrasi yang ia buat didesain untuk mempermudah proses membaca daripada jika hanya menggunakan kata-kata saja,” jelas Zain. Rencananya, komik edukasi ini akan diedarkan secara gratis kepada sejumlah perusahaan, sekolah, dan universitas.