Search
Kamis 18 April 2024
  • :
  • :

Couchbase Umumkan Kerja Sama Strategis dengan AWS

MAJALAH ICT – Jakarta. Hari ini di gelaran AWS re:Invent 2022, Couchbase, Inc.(NASDAQ: BASE), perusahaan basis data cloud terkemuka dunia, mengumumkan kerja sama strategis jangka panjang dengan Amazon Web Services, Inc (AWS). Melalui kerja sama ini, Couchbase dan AWS berkomitmen menawari pelanggan mereka kesempatan memasuki pasar yang terintegrasi, insentif komersial, dan integrasi teknologi. Kerja sama ini juga memungkinkan pelanggan memindahkan beban kerja ke Couchbase Capella Database-as-a-Service (DBaaS) yang ditawarkan di AWS, serta memperluas Capella App Services untuk beroperasi di AWS edgeservices.

Adanya tren transformasi digital memunculkan permintaan pelanggan untuk pembuatan aplikasi perusahaan di lingkungan cloud dan edge yang lebih cepat, mudah, dan terjangkau biayanya, yang pada gilirannya menciptakan kebutuhan pasar akan pusat data cloud. Lembaga riset Gartner® menyebutkan, “pasar sistem manajemen basis data (DBMS) menunjukkan pertumbuhan yang signifikan sebesar 22,3% pada tahun 2021, yang terutama didorong oleh platform basis data cloud sebagai layanan (Database-as-a-Service /DBaaS), yang pangsanya telah mencapai hampir 50% dari keseluruhan pasar.”

Couchbase Capella menyediakan fleksibilitas database untuk pengembang dan kinerja dalam skala besar untuk aplikasi modern, dengan harga yang kompetitif untuk kecepatan dan efisiensi biaya. Karena Capella dapat dikelola secara otomatis sepenuhnya, maka pelanggan dapat fokus pada pengembangan, perbaikan aplikasi, memberikan pengalaman yang sangat interaktif dan menarik, serta mengurangi waktu pemasaran.

Sebagai hasil dari penguatan kerja sama ini, pelanggan dapat dengan mudah menjalankan Capella di AWS dan mengembangkan aplikasi yang selalu aktif serta bisa diperluas ke mana saja, baik dari cloud ke edge maupun di antara keduanya. Penggunaan Capella membantu pelanggan mengembangkan aplikasi modern di cloud, edge, serta di perangkat seluler dan IoT (Internet of Things) menggunakan bahasa, kerangka kerja, dan platform pilihan tim pengembangan mereka.

“Pelanggan GroundHog membutuhkan performa tinggi, fleksibilitas dan ketersediaan,” ujar CEO GroundHog, Satish Penmetsa. “Dengan adanya Couchbase di AWS, kami otomatis dapat meningkatkan segalanya untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan pelanggan kami di seluruh dunia, yang ujungnya adalah layanan andal dan kinerja yang konsisten untuk membuat pengguna tetap terlibat dan terhubung.”

“AWS adalah pemimpin di industry ini yang membuka jalan bagi inovasi cloud dan edge bagi pelanggan,” kata Matt McDonough, Wakil Presiden Senior Pengembangan dan Strategi Bisnis di Couchbase. “Couchbase dan AWS sama-sama berkomitmen untuk memberi pelanggan kelincahan, fleksibilitas, dan skala yang diinginkan oleh tim pengembangan mereka, dan perjanjian yang diperluas ini akan semakin memudahkan pelanggan untuk mulai membangun aplikasi pengalaman premium dengan Capella di AWS. Kami tak sabar melihat apa yang akan terjadi saat para pengembang lebih punya kemampuan membangun aplikasi modern secara lebih mudah di cloud dan edge melalui solusi inovatif yang diberikan AWS ini.”

Perjanjian ini dibuat berdasarkan kerja sama yang sudah ada di antara dua perusahaan Capella di AWS, yang ada antara kedua perusahaan Capella di AWS, seiring penerapan Couchbase di infrastruktur AWS di edge. Couchbase dan AWS juga akan bekerja sama dalam strategi pasar dan pelibatan pengembang untuk mendorong penggunaan Capella di AWS. Kolaborasi ini juga akan mendukung Couchbase untuk menjangkau sekaligus memperluas ceruk pasarnya yang utama.

“Sejak bekerja menggunakan Couchbase, kami menyaksikan sendiri dampak yang dapat mereka berikan pada upaya transformasi digital pelanggan,” kata Julia Chen, Wakil Presiden Mitra Utama di AWS. “Menggabungkan kemampuan AWS dengan platform database Couchbase membantu perusahaan berinovasi dan membangun aplikasi generasi berikutnya dengan cepat tanpa kompromi. Kami senang bekerja sama dengan Couchbase untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.”

Couchbase Capella sekarang tersedia di AWS. Anda dapat melakukan uji coba dengan klik di sini dan buktikan betapa mudahnya menjalankan dan menggunakan Capella.