Search
Sabtu 13 Juli 2024
  • :
  • :

DCI Hadirkan Data Center Premium untuk Lokal dan Global

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Data Center Infrastructure Indonesia (DCI), bekerja sama dengan Equinix,  perusahaan penyedia layanan data center dan interkoneksi global, menghadirkan data center baru yang berlokasi di Cibitung, Jawa Barat. Dibangun dan dioperasikan oleh PT DCI, data center ini menghadirkan interkoneksi premium dan layanan data center bagi pelanggan lokal dan global melalui platform Equinix. 

Data center terbaru yang berlokasi di kawasan industri daerah Jawa Barat ini, dikelola secara profesional dan menyediakan kapasitas yang signifikan, yakni sekitar 65,000 kaki per segi (6,000 meter persegi). Kerja sama ini telah dimulai sejak Oktober 2012,  akan melayani pelanggan Indonesia dengan akses ke 4.000 perusahaan, komputasi awan (cloud), konten digital dan perusahaan finansial, termasuk lebih dari 900 penyedia layanan jaringan yang telah menggunakan data center milik Equinix di seluruh dunia.  Melalui kemitraan dengan DCI, pelanggan global dari Equinix dapat memperluas jangkauan pasar mereka ke Indonesia serta memperoleh layanan dan keandalan yang sama seperti yang mereka peroleh pada data center Equinix International Business Exchange.

Sebagai bagian dari kemitraannya, Equinix telah memberikan dukungan secara ekstensif kepada DCI dalam desain dan operasional data center. Equinix akan terus memberikan dukungan operasional kepada DCI dan pelanggan mereka baik di Indonesia maupun global untuk memastikan bahwa mereka menerima layanan, dukungan juga keandalan yang sama seperti yang mereka alami di data center Equinix IBX lainnya.  DCI pun telah menerapkan langkah-langkah  pemulihan bencana untuk mematuhi pedoman dalam pemulihan bencana dan kelangsungan operasionalnya. Sebagai contoh, data center yang baru ini dikelola oleh teknisi berpengalaman yang akan menjaga peralatan yang ada dan memberikan dukungan teknis bagi seluruh pelanggan.

"Yang menjadi pendorong kuat permintaan layanan data center di Indonesia adalah pertumbuhan eksponensial dari pengguna Internet dan pesatnya pertumbuhan perangkat mobile,” kata Marina Budiman, Presiden Direktur, DCI Indonesia. Menurut Marina, data center ini dirancang untuk memenuhi standar global dan menyediakan layanan pelanggan kelas dunia serta akses ke pasar global. Selain itu, kemitraan dengan Equinix memungkinkan kita untuk berhubungan dengan pasar keuangan lokal maupun internasional juga menawarkan kepada  pelanggan hubungan langsung ke Internet Exchange Indonesia.

"Ada permintaan yang mendesak akan kebutuhan next generation data center di Indonesia, sebagai akibat dari pertumbuhan data dan trafik jaringan yang bertumbuh secara eksponensial,” kata Clement Goh, Managing Director, Equinix South Asia. Ditambahkan, pihaknya menggandeng PT DCI di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia ini. "Kemitraan ini ditujukan juga untuk memperkuat posisi unik Equinix sebagai penyelenggara layanan data center global dengan memperluas operasi kami di salah satu pasar Asia yang memiliki pertumbuhan tercepat," tandas Clement.