Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Dell Memperkenalkan Solusi Virtualisasi dan Starter Kit Uji Coba

MAJALAH ICT – Jakarta. Dell hari ini memperkenalkan solusi NFV dan starter kit pelengkapnya, yang terdiri dari sistem dan perangkat lunak Dell yang dikombinasikan dengan perangkat lunak dari mitra ekosistem terbuka (open ecosystem) dan distribusi open source yang ditujukan untuk membantu para operator melakukan uji coba dan adopsi.

Solusi-solusi NFV dari Dell dapat membantu penyedia layanan telekomunikasi memperbaharui struktur biaya dari layanan yang sudah ada saat ini, sekaligus menyederhanakan dan mempercepat proses inovasi dan terciptanya layanan baru. Hal ini bisa diwujudkan dengan melakukan virtualisasi infrastruktur layanan telekomunikasi dan mobile menggunakan platform komputasi dan open networking standar industri yang dikombinasikan dengan paket-paket perangkat lunak yang banyak tersedia di lapisan-lapisan infrastruktur, pengelolaan dan pengaturan, dan layanan.

Platform Dell NFV tersebut menggunakan teknologi server, storage, networking dan perangkat lunak termutakhir dari Dell yang dikombinasikan dengan perangkat lunak dari para mitra ekosistem terbuka (open ecosystem) untuk menciptakan infrastruktur virtual yang terkonvergensi penuh yang dapat menjalankan fungsi jaringan virtual (VNF). Platform tersebut juga sudah termasuk perangkat lunak utama dan antarmuka (interface) terbuka untuk pengelolaan dan pengaturan (Management and Orchestration/MANO), untuk pengoperasian secara sederhana dan kemudahan melakukan integrasi. Dari segi penerapan, platform Dell NFV bisa dibentuk dan dipasangdi aplikasi secara virtual dari mana pun dan di skala apa pun dalam lingkungan infrastruktur sebuah operator.

Platform Dell NFV terbaru memberikan manfaat yang sangat jelas bagi pengguna, mitra OEM dan para integrator sistem. Platform Dell NFV dikembangkan di server-server Dell PowerEdge yang menggunakan prosesor Intel® Xeon™ E5-2600 v3 terbaru, dikombinasikan dengan platform open networking terdepan di industrinya dan sejumlah antarmuka terbuka kaya fitur untuk memastikan interoperabilitas, pengelolaan, dan perlindungan investasi maksimal. Seiring meningkatnya penerapan solusi NFV di server-server yang sesuai standar industri dan bervolume besar, platform Dell NFV adalah alat yang tepat untuk mengimplementasikan proofs-of-concept dari hasil investasi inovasi teknologi server termutakhir berkelanjutan dari Intel untuk infrastruktur jaringan. 

Platform Dell NFV dapat diperbesar, diperkecil atau diperlebar untuk mengakomodasi berbagai tujuan desain, kemampuan layanan, dan kondisi lingkungan, mulai dari points-of-presence (POP) kecil tanpa pegawai, hingga ke lingkungan kantor pusat, hingga ke pusat data hyperscale. Termasuk di dalamnya adalah pilihan untuk platform NEBS (Network Equipment-Building System), sistem Fresh Air, dan solusi-solusi modular/terpisah. Platform Dell NFV juga menawarkan pilihan perangkat-perangkat lunak untuk melengkapi perangkat lunak pengelolaan dan infrastruktur Dell. Pengumuman ini sekaligus melanjutkan kerjasama Dell dan Red Hat dalam merancang solusi-solusi SDN dan NFV berbasis OpenStack terutama untuk industri telekomunikasi.

Komitmen terhadap Open Source dan Open Standard: Menghilangkan Lock-in

Teknologi open source, dikombinasikan dengan open standard, adalah inti dari arsitektur platform Dell NFV. Tujuannya sederhana – membuat platform Dell NFV sebagai mesin inovasi yang paling fleksibel dan mudah diakses yang dioptimalkan untuk berbagai aktivitas dan pengembangan industri. Melalui kerjasama dengan para pemimpin industri terdepan, seperti referensi arsitektur Open Network Platform milik Intel, inisiatif-inisiatif open source dan open standard, para pengembang dan konsumen memperoleh akses langsung pada teknologi-teknologi mendasar yang memungkinkan inovasi dan kustomisasi yang cepat.

Meski akhirnya ada berbagai bentuk penerapan platform Dell NFV, Dell menyediakan solusi-solusi starter kit bagi para pengguna awal hasil proof-of-concept (PoC) dan uji coba. Starter kit tersebutadalah implementasi platform Dell NFV dalam bentuk yang lebih kecil yang dirancang untuk mempercepat upaya-upaya pengembangan dan PoC. Kini telah tersedia dua jenis konfigurasi starter kit; satu berbasis simpul-simpul (node) komputasi PowerEdge R630 1RU, sementara yang lainnya berbasis blade chassis Dell M1000e dan blade komputasi M630 terbaru.

“NFV menjadi momen pergeseran – dan peluang – teknologi penting bagi para penyedia layanan telekomunikasi. Sebelumnya, mereka terikat pada merek tertentu dan pengaturan rumit peralatan-peralatan khusus merek tersebut untuk menyediakan layanan bagi pelanggannya. Kini, dalam dunia yang kian terpencar, pilihan teknologi yang ada bisa sangat banyak. Dell ingin menyederhanakan hal tersebut dan memberikan solusi terbaik,” kata Marius Haas, Chief Commercial Officer dan President, Dell Enterprise Solutions. “Target kami adalah menyediakan platform NFV yang paling terbuka, fleksibel, dan praktis dengan cara mengkombinasikan teknologi kami dengan ekosistem mitra terbaik yang dapat membantu para penyedia jasa layanan merampingkan penyediaan dan penyaluran jasa layanan.

“NFV sangat menarik perhatian industri telekomunikasi. Meskipun yang lain tidak menawarkan tingkat keterbukaan yang benar-benar terbuka, pendekatan terbuka yang dilakukan Dell adalah apa yang diinginkan para penyedia layanan tersebut. Dell jelas memiliki lapisan teknologi infrastruktur inti yang dibutuhkan – komputasi, storage, dan networking – serta kemampuan jangkauan industri yang luas bagi para penyedia perangkat lunak VNF potensial. Saya pikir banyak operator akan tertarik dengan paket prakits dan proses sederhana yang ditawarkan starter kit mereka, dan hal ini akan membantu mempercepat adopsi,” kata Michael Howard, Pendiri dan Analis Utama, Infonetics Research.

Platform Dell NFV dan starter kit terkait telah tersedia di seluruh dunia dan bisa dipesan melalui Dell.com atau mitra lokal Dell.