Search
Minggu 16 Juni 2024
  • :
  • :

Dell Rampungkan Akuisisi EMC dan Jadi Perusahaan Teknologi Terbesar

MAJALAH ICT – Jakarta. Dell Technologies mengumumkan rampungnya akuisisi EMC Corporation. Merger Dell dan EMC ini membentuk perusahaan teknologi swasta terbesar di dunia. Akuisisi ini menciptakan bisnis grup unik yang menyediakan infrastruktur penting untuk perusahaan dalam membangun bisnis digital mereka di masa mendatang, mentransformasikan TI, dan melindungi aset paling berharga yaitu informasi.

Penggabungan ini menciptakan pemimpin pasar dengan nilai 74 milliar dolar AS. Melalui merger ini, mereka memiliki portofolio teknologi ekstensif untuk memecahkan masalah yang sulit bagi pelanggan dalam industri yang berkembang pesat, seperti hybrid cloud, software-defined data center, infrastruktur terkonvergensi, plaform sebagai layanan (platform-as-a-service), analisa data, mobilitas, dan keamanan cyber.

Solusi Dell Technologies digunakan oleh 98 persen dari perusahaan-perusahaan Fortune 500 dan terdiri dari beberapa bisnis terkemuka. Dua di antaranya yang terbesar dan paling dikenal adalah bisnis solusi klien Dell dan bisnis solusi infrastruktur Dell EMC, yang keduanya didukung oleh Dell EMC Services.

Bisnis Dell Technologies juga meliputi Boomi, Pivotal, RSA, SecureWorks, Virtustream dan VMware. Struktur unik ini menggabungkan fokus dan inovasi perusahaanstartup dengan skala global dan layanan berskala enterprise besar. Skala Dell Technologies akan memungkinkan perusahaan untuk menghadirkan lebih banyak inovasi dan investasi dalam R&D, penjualan & pemasaran, layanan & bantuan serta menghadirkan solusi yang yang lebih efisien dan hemat biaya bagi para pelanggan.

Selain itu, walaupun perusahaan akan mempublikasikan hasil laporan keuangannya, Dell Technologies tetap dikontrol oleh pihak swasta yang memungkinkannya untuk berfokus pada investasi bagi pelanggannya dan ekosistem mitra untuk jangka panjang.

Chairman dan CEO Dell Technologies, Michael Dell mengatakan, pihaknya berada di awal revolusi industri berikutnya. ’’ Dunia kita menjadi lebih pintar dan semakin terhubung setiap menitnya dan pada akhirnya akan saling terhubung dengan Internet of Things yang luas, dan membuka jalan bagi pelanggan kami untuk melakukan hal-hal luar biasa,’’ katanya.

’’Ini adalah alasan kami menciptakan Dell Technologies. Kami memiliki produk, layanan, SDM dan skala global untuk menjadi katalis bagi perubahan dan memandu pelanggan, baik dari bisnis skala besar dan kecil, dalam perjalanan digital mereka,” ujarnya menambahkan.

Dell Technologies menggabungkan kekuatan Dell dalam strategi go-to-market dengan pelanggan bisnis skala kecil dan menengah kekuatan EMC, menjadi perusahaan besar berskala enterprise. ’’Kami menjadi pemimpin pasar di banyak area paling penting dan berkembang pesat dengan pasar teknologi informasi bernilai 2 triliun dolar AS. Termasuk posisi sebagai ’’Pemimpin” dalam 20 Gartner Magic Quadrants dan portofolio lebih dari 20 ribu hak paten dan aplikasi,’’ tuturnya.

Chairman dan CEO JP Morgan, Jamie Dimon, mengatakan, layanan keuangan adalah salah satu industri yang pertama menggunakan teknologi. Gelombang digitalisasi berikutnya meneruskan tren yang telah berlangsung.

’’Sebagai salah satu pengguna terbesar Dell dan EMC di dunia, kami mengeluarkan biaya sekitar 9 milliar dolar AS per tahun untuk teknologi termasuk infrastruktur sertacloud computing, analisa big data dan keamanan cyber. Kami memastikan kami mengeluarkan belanja TI dengan bijaksana dan memilih mitra dengan sangat selektif,’’ ujar Jamie.

Ia juga mengungkapkan dirinya sudah mengenal Michael Dell selama 30 tahun. Di matanya, Michael Dell adalah orang yang hebat, beretika, dan sangat peduli dengan setiap orang yang bekerja dengannya, baik dalam perusahaan dan di seluruh industri.

’’Saya sampaikan rasa bahagia untuk Michael dan perusahaan baru ini, dan kami ingin melihat inovasi yang akan mereka ciptakan di masa mendatang,” ucapnya.

Senada dengannya, Chairman dan CEO Salesforce, Marc Benioff, menambahkan, kerja sama antara Salesforce dengan Dell dan EMC, memiliki peran penting dalam mendorong inovasi di seluruh industri. ’’Michael adalah seorang visioner yang luar biasa dan salah satu pemimpin penting dalam industri kami. Ia adalah mitra luar biasa yang berkontribusi terhadap kesuksesan bisnis kami. Sekarang dengan Dell Technologies, ia kembali membentuk ulang industri teknologi,” kata Marc Benioff.