Search
Rabu 24 Juli 2024
  • :
  • :

Demi Sukseskan APEC di Bali, XL Perkuat Jaringan

MAJALAH ICT – Jakarta. Guna menyukseskan perhelatan pertemuan Pemimpin Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) di Bali 1-8 Oktober mendatang, PT XL Axiata Tbk (XL) memperkuat jaringannya. Adapun jaringan yang diperkuat adalah untuk akses internet dan layanan data.

Demikian disampaikan Vice President East Region XL, Titus Dondi. Menurut Titus, berbagai persiapan telah dilakukan XL sejak jauh-jauh hari. "Kami memperkirakan, para peserta akan membutuhkan layanan telekomunikasi yang bagus, termasuk akses internet dan layanan data. Karena itu kami berharap bisa memberikan dukungan kualitas jaringan yang maksimal mengingat pentingnya acara ini, lebih-lebih mengingat Bali dan Indonesia sebagai tuan rumah," ternag Titus.

Ditambahkan Titus, adapun wilayah yang diperkuat jaringannya adalah mulai dari kawasan Nusa Dua yang menjadi lokasi pertemuan, Bandara Internasional Ngurah Rai yang menjadi pintu kedatangan para kepala negara dan para delegasinya serta di hotel-hotel yang menjadi lokasi menginap para peserta pertemuan. Khusus di area Nusa Dua yang akan digunakan untuk APEC, seluruh site sudah dimodernisasi jaringannya. Untuk kawasan Nusa Dua ini, XL melakukan antara lain penambahan coverage, terutama di beberapa hotel baru yang akan digunakan untuk APEC.

Di Bali, lanjut Titus, jaringan XL telah menjangkau seluruh kecamatan yang ada. Sementara untuk layanan 3G, sudah meng-cover seluruh kabupaten/kota. "Saat ini jaringan XL di area Nusa Dua sudah full 3G dengan kapasitas yang cukup besar. Jumlah BTS di area Nusa Dua terdiri dari 45 BTS 2G dan 51 BTS 3G, yang sekaligus menunjukkan keseriusan XL melayani komunikasi Data menyambut even ini," ujar Titus. Diyakinkannya juga, hampir semua BTS XL sudah menggunakan teknologi terbaru dan didukung oleh jaringan kabel fiber optik dari Bali menuju Jawa, Bali – ke Lombok – Sulawesi, serta dua lapis ring di Pulau Bali yakni ring di Kota Denpasar dan Kuta serta penggelaran jaringan serat optik dari Denpasar menuju beberapa kota lain.