Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Di Idul Fitri, Trafik Data Telkomsel Meningkat Tajam Hingga 657 Tera Bytes

MAJALAH ICT – Jakarta. Penggunaan layanan telekomunikasi khususnya seluler menyambut Idul Fitri masih memiliki peran signifikan. Seperti ditunjukkan tradik yang melalui operator telekomunikasi terdepan di Indonesia, Telkomsel. Pada malam takbiran, trafik Telkomsel meningkat drastis dibanding hari-hari biasa.

Menurut laporan telkomsel, layanan SMS dan data di malam Lebaran 2014 meningkat hingga 129 persen dibanding tahun sebelumnya. Untuk layanan SMS naik sekitar 4 persen menjadi 1,01 miliar SMS yang artinya lebih besar dibandingkan tahun 2013 dan di hari normal di tahun 2014, yang naik sebesar 10 persen. Untuk suara di malam takbiran cenderung stagnan dengan turun -2 persen menjadi 1,1 miliar menit bila dilihat dari tahun sebelumnya.

Sementara untuk layanan data, meningkat hingga 171 persen untuk daerah Sumatera dan 156 persen untuk Jawa dan Bali. Dengan kenaikan tersebut, trafik data di Sumatera mencapai 166 Tera Bytes (TB) dan di Jawa serta Bali menjadi 172 TB. Secara total, data di seluruh Indonesia meningkat 129 persen menjadi 657 TB. 

Dari segi keberhasilan koneksi data dan pengiriman SMS, Telkomsel mengklaim tahun ini telah mencapai keberhasilan hingga 99 persen. Sedangkan, dari kesuksesan saat penggilan lebih dari 98 persen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Telkomsel tidak mengalami kendala berarti dalam memberikan layanan pada konsumen.