Search
Selasa 16 April 2024
  • :
  • :

Dituding Rekayasa, Kuis Kebangsaan Ramai di Twitter

MAJALAH ICT – Jakarta. Kuis Kebangsaan yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi menghilang video nya dari YouTube. Pasalnya, kuis ini menjadi percakapan yang cukup ramai di microblogging Twitter. Kuis yang mencoba mensosialisasikan pasangan Wiranto-Hary Tanoe sebagai Calon Presiden dan Wakil Presiden RI 2014 ini diangap rekayasa. Hal itu karena, penjawab sudah mengetahui jawaban pertanyaan sebelum pertanyaan diajukan.

Saat penelepon masuk, tahu-tahu sudah menyebut jawaban Istana Maimun, padahal pertanyaan belum diajukan. Saat pertanyaan diajukan, dan ternyata jawabannya memang Istana Maimun. 

Menanggapi hal itu, Wiranto sendiri mengakui bahwa acara ini sudah disetting. "Semuanya disetting, saya kemari disetting. Tapi setting yang tidak melanggar undang-undang, diizinkan. Jangan hanya like dislike, sesuatu yang baik disalahkan, itu mendidik bukan menjerumuskan," ujar Wiranto.

Menurut Wiranto, acara ini jangan dicurigai akal-akalan karena tujuannya positif. "Kami bertanya kepada rakyat mempelajari budaya, sejarah, hal-hal yang positif. Kita galakkan dengan cara itu, jangan dicurigai kemudian akal-akalan. Kami tulus melakukan itu karena kami merasa semangat kebangsaan sudah luntur, apa salahnya kami beri upaya mendidik dengan cara-cara menarik, sekolahan sudah," tandas Wiranto.

Sayangnya, video di YouTube saat ini sudah diblok atas nama hak cita RCTI. ealah…

""