Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Dukung Sail Raja Ampat, Kementerian Kominfo Siapkan Layanan Internet

MAJALAH ICT – Jakarta. Guna mendukung Sail Raja Ampat yang akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 21 Juni mendatang, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan menyiapkan layanan internet. Demikian hasil pertemuan  antar Departemen di Kementerian Kominfo yang dihadiri oleh Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Dewan Kelautan Indonesia, Kementerian Kominfo, PT Telkom dan PT Telkomsel,TVRI, RRI serta Pemda Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua.

“Pada event Sail Raja Ampat 2014 .Kementerian Kominfo melalui Ditjen IKP telah mempersiapkan dukungan infrastruktur dalam pembangunan Media center Tahun Anggaran 2011 dan 2013 berupa 14 unit perangkat computer. Pada tahun anggaran 2012 Ditjen IKP telah pula memberikan bantuan berupa Mobil Pusat Teknologi Informasi Komunitas (M-Pustika) kepada Pemda Raja Ampat, ujar Direktur Pengelolaan Media Publik Sadjan pada Rakor Persiapan Bidang Media, Humas dan Dokumentasi Sail Raja Ampat 2014 di Gedung Kominfo Jakarta, sebagaimana dikutip dari laman resmi Kementerian.

Menurut Sadjan,Direktorat Jenderal  PPI telah pula mempersiapkan Pusat layanan Internet Kecamatan (PLIK) di 16 Kecamatan dan dua unit  Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (M-PLIK). Selain itu telah pula dibangun sebaran WiFi pada 3 titik yaitu di SMA Negeri 1 Waisai, Perpustakaan Daerah  Raja Ampat, dan Kantor Bupati Raja Ampat. Serta telah pula dibangunnya Telinfo Tuntas (menara BTS) pada 14 desa, dan pembangunan desa dering pada 60 lokasi.

Sadjan juga menjelaskan, rencana publikasi Sail Raja Ampat 2014 secara nasional diantaranya akan dilakukan Dialog Interaktiv di TVRI,RRI,TV Swasta Nasional oleh Ditjen IKP. Selain itu akan dilakukan pemasangan Baliho di Jakarta, dan Papua Barat, pemuatan Advetorial di Surat Kabar/Majalah, Dialog Publik, pagelaran Media Tradisional, pameran Expo Potensi Daerah di raja Ampat, pembuatan Buku Pedoman Sail Raja Ampat oleh Dewan Kelautan Indonesia (DEKIN), pembuatan Stiker dan leaflet, serta pembuatan Banner di Portal Info Publik, Tabloid Komunika, dan Majalah Bakohumas.

Guna memperlancar kegiatan Sail Raja Ampat 2014 ini juga didukung melalui Media Center Sail Raja Ampat dari 16 -23 Juni 2014, juga Kunjungan Jurnalistik Media Internasional dan Nasional mulai 19 -22 Juni 2014, Siaran Langsung LPP TVRI dan LPP RRI pada puncak acara.

Pemasangan perangkat SNG dari PT Telkom, dan penguatan jaringan Telekomunikasi (Voice + Data) oleh PT Telkom dan PT Telkomsel. Akan dilakukan pula peluncuran Sampul Peringatan Sail Raja Ampat oleh Presiden SBY.