Search
Selasa 21 Mei 2024
  • :
  • :

Dukung Wearable Device, Google Luncurkan Android Wear

MAJALAH ICT – Jakarta. Sistem operasi Android telah resmi dipakai dalam produk yan dapat dipakai sebagai aksesoris atau wearable device. Seperti Samsung yang telah meluncurkan produk Galaxy Gear dan juga Sony smartwatch. Dan sebagai ‘Boss’ Android, Google memberi dukungan terhadap pengembangan tersebut, Google pun meluncurkan software development kit (SDK) Android untuk wearable device yang diberi nama Android Wear.

Android Wear adalah sebuah versi modifikasi dari Android itu sendiri. Desain khusus yang mereka kembangkan membuat Android Wear mampu memberi dukungan maksimal pada perangkat wearable seperti smartwatch. Umumnya tugas utama jam tangan pintar yang ada saat ini adalah untuk menampilkan notifikasi. Namun dengan kehadiran Android Wear membuat Google Now bekerja secara signifikan sebagai voice command. Artinya, pengguna hanya memerlukan perintah suara untuk melakukan banyak hal di smartwatch mereka. Untuk memulainya, cukup mengatakan “OK Google”.

Google juga ingin setiap jam tangan pintar berfungsi sebagai monitor kesehatan penggunanya. Karena itu, Android Wear didesain untuk berjalan bersama aplikasi fitness. Apakah nantinya sensor pendukung terintergrasi dengan jam tangan atau tidak adalah keputusan produsen.

Pihak perusahaan tak lupa mengumumkan daftar dari partner yang dipastikan akan membuat perangkat berbasis Android Wear. Mereka adalah Samsung, LG, Motorola, ASUS, Fossil, dan HTC. Menurut Sundar Pichai, hal ini dilakukan agar pihak developer mudah dalam menciptakan aplikasi yang akan digunakan dalam platform waearble device tersebut.

Dijelaskan Picahi, tujuan yang diinginkan juga adalah agar Android dapat dipakai dengan sejumlah sensor dan hardware berbeda, tidak seperti untuk smartphone. Begitu juga dengan ukuran layar dan kategori produk. Google sendiri akan menyediakan sejumlah guideline, seperti yang mereka lakukan untuk pengembangan ponsel dan tablet, sehingga aplikasi dan layanan wearable device juga makin bagus.