Search
Jumat 19 April 2024
  • :
  • :

Dukungan Nokia Terhadap MeeGo dan Symbian Berakhir 1 Januari 2014

MAJALAH ICT – Jakarta. Nokia telah mengumumkan kepada seluruh pengembang mereka, bahwa dukungan mereka untuk platform Symbian dan MeeGo akan berakhir 1 Janurai 2014. Sehingga, Nokia tidak akan menerima aplikasi baru atau update aplikasi yang ada di Nokia Store sejak tanggal tersebut.

Demikian disampaikan Nokia. "Jika Anda memiliki konten Symbian dan MeeGo di Nokia Store, aplikasi akan terus tersedia bagi pelanggan untuk mendowloadnya, dan Anda akan terus menerima upload dan pendapatan laporan serta pembayaran untuk konten yang didownload. Namun, mulai 1 Januari 2014, Anda tidak akan dapat lagi mempublikasikan konten baru atau memperbarui konten yang ada untuk Symbian dan MeeGo,” papar Nokia dalam email yang dikirimkan kepada para pengembang.

Dengan demikian, maka kerja sama 11 tahunan menggunakan platform tersebut berakhir. Ponsel  Symbian pertama Nokia, Nokia 7650 atau Nokia pisang, dirilis pada tahun 2002, dan handset Symbian terakhir yang dirilis adalah PureView 808 pada tahun 2012. Accenture dikontrak untuk memberikan dukungan kepada Nokia untuk handset Symbian yang tersisa hingga 2016.

Platform Symbian diketahui sempat menjadi sistem operasi terbesar di dunia hingga posisi tersebut diambil oleh Apple. Sistem operasi Symbian juga digunakan sejak tahun 1998 oleh multi-merek seperti Nokia, Ericsson maupun Motorola. Nokia tercatat menjual 2,2 juta unit handet Symbian pada Q4 2012. Jumlah handset Symbian adalah kurang dari 14 persen dari 15.9 juta smartphone di seluruh dunia.