Search
Jumat 19 April 2024
  • :
  • :

E-Ticketing pada Commuter Line Mulai Dipakai

MAJALAH ICT – Jakarta. Penggunaan Commuter Electronic Ticketing (Commet) pada Communter Line dimulai. Peresmian dilakukan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan bersama Direktur Utama PT. Kereta Api Indonedia (PT. KAI), Ignatius Jonan, Direktur Utama Telkom, Arief Yahya, Ketua Komisi V DPR RI Laurens, Bahang Dama, serta Direktur Lalu Lintas Perhubungan, Hanggoro, di Stasiun Manggarai Jakarta Selatan.

Program e-Ticketing dijalankan melalui kerjasama KAI melalui salah satu anak perusahaannya PT KAI Commuter Jabodetabek (PT. KCJ) dengan Telkom untuk pengadaan serta pemasangan system dan perangkat e-Ticketing di loket dan gate di stasiun Jabodetabek.
 
Dahlan menuturkan, dirinya telah mencoba naik commuter line (KRL) dari Stasiun Juanda ke Manggarai untuk merasakan membeli kartu Commet. Untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya, Dahlan melakukannya tanpa ada yang mendampingi. "Tenyata lancar dan tidak ada masalah,” ujarnya.
 
Dahlan menambahkan ia mendapat respons dari para penumpang yang menyampaikan terima kasih karena harga tiket KRL turun. Dahlan berharap dengan penerapan harga tiket progressif, kemacetan lalu lintas dapat dikurangi.
 
Dahlan juga mengharapkan modernisasi perilaku masyarakat. Menurutnya, mayarakat sudah harus berperilaku modern dengan cara membeli tiket dalam bentuk kartu elektronik. "Memasuki stasiun pakai kartu dan keluar pakai kartu. Hal semacam ini sudah diberlakukan di negara-negara modern.” ujarnya
 
Sementara itu, Direktur Utama PT Telkom, Arief Yahya mengatakan bahwa Telkom selalu berkomitmen memberikan terbaik untuk KAI dan masyarakat Indonesia. Hingga peresmian kartu Ccommet, Telkom sudah memasang perangkat e-Ticketing di 69 stasiun dengan jumlah 364 gate. Teknologi yang diterapkan seperti yang sudah digunakan di negara-negara modern, yaitu RVD (Rainbow Versatile Disk).
 
"Telkom akan memonitor terus dan menempatkan karyawan-karyawan Telkom di lapangan yang akan dipimpin oleh Prayitno sebagai Project Director Ticketing Gate.” jelas Arief. Arief berharap pelayanan lebih mudah dan lebih murah bisa dinikmati oleh masyarakat