Search
Sabtu 13 Juli 2024
  • :
  • :

Ekonomi Sedang Labil, Telkom Galau Bisnis akan Melambat

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) memperkirakan pertumbuhan pendapatan perusahaan akan berjalan melambat pada 2014 bila dibandingkan tahun 2013. Hal itu terjadi karena kondisi ekonomi mempengaruhi pertumbuhan penerimaan pendapatan perusahaan.

Demikian dikatakan Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia, Arief Yahya. Namun begitu, Arief yakin, bahwa Telkom akan tetap dapat menyentuh angka 10% pertumbuhan di 2014. "Untuk industri sendiri tahun depan relatif melambat, mungkin sekitar 6%-7%, tetapi kita harapkan Telkom bisa melampaui rata-rata pasar. Contoh seperti sekarang 8%, kita bisa 11%. Kalau tahun depan 6%-7%, Telkom bisa menyentuh 10%, itu angka psikologinya. Itu untuk revenue," ujarnya. Meski demikian, belum stabilnya kondisi perekonomian akan mempengaruhi pertumbuhan penerimaan pendapatan perseroan.

Sedangkan untuk pertumbuhan laba bersih yang didapatkan oleh perusahaan, Arief mengatakan kemungkinan juga tidak akan jauh dari persentase pendapatan. Hal ini berdasarkan laba bersih yang dihasilkan hingga saat ini tumbuh mencapai 11%. 

Arief sendiri tetap yakin bahwa laba bersih pada tahun depan masih akan tumbuh sebesar dua digit seperti tahun ini. "Di RKAP (Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan) labanya, saya rasa pertumbuhannya tetap double digit. Kalau cost lebih mudah dicontrol dibanding dengan revenue. Kalau net income kita sama, kira-kira sekitar 10%," tandasnya

"Sampai dengan saat ini net income 11%, saya tidak mau memproyeksikan sampai akhir tahun berapa, itu tidak boleh karena nanti jadi spekuliatif. Tumbuhnya net income di 2013 mungkin lebih mudah ditebak. 11% sampai kuartal 3, soalnya kita tidak boleh prediktif," pungkasnya.