Search
Selasa 25 Juni 2024
  • :
  • :

Ericsson Dipilih XL Implementasikan Teknologi Radio Dot System

MAJALAH ICT – Jakarta. Ericsson mengumumkan bahwa pihaknya telah dipilih oleh PT XL Axiata untuk mengimplementasikan solusi small cell dalam ruangan untuk LTE dan 3G/WCDMA. Untuk mengimplementasikan itu, Ericsson menggunakan teknologi berbasis Ericsson Radio Dot System dan Ericsson Micro Remote Radio Unit (mRRU). 

Solusi ini diharapkan bisa terintegrasi dengan jaringan LTE dan 3G/WCDMA milik XL Axiata, dan akan memungkinkan XL Axiata untuk memperluas jangkauan aplikasi dalam ruangan dan kapasitas jaringan. Arsitektur sel kecil seperti Ericsson Radio Dot System dibuat untuk semakin menjadi popular atau lazim selagi jaringan berevolusi ke 5G.

Thomas Jul, Head of Ericsson Indonesia dan Timor Leste, mengatakan, dengan perangkat Ericsson ini, maka pengguna XL Axiata mendapatkan suara berkualitas tinggi dan pengalaman data di lebih banyak lokasi dalam gedung. Pemasangan awal telah dilakukan di Bandar Udara Internasional Jakarta dan ini merupakan implementasi komersial pertama di Indonesia.

“Lingkungan dalam ruangan dihadapkan pada tantangan-tantangan tertentu bagi operator dari segi kompleksitas, skalabilitas dan pemberian layanan yang berkelanjutan. Dalam waktu yang bersamaan, konsumer mengharapkan adanya layanan suara dan jangkauan data berkualitas tinggi, dimanapun mereka berada,” kata Thomas.

“Dengan memberikan jangkauan luas yang seamless dalam skenario layanan dalam gedung, Ericsson Radio Dot System dapat menjadi perbedaan utama bagi XL Axiata di pasar yang kompetitif di Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, Presiden Direktur, XL Axiata, Dian Siswarini, mengatakan dengan menggunakan solusi tersebut pelanggan XL Axiata akan bisa menikmati layanan selular dalam ruangan yang lebih baik lagi.

“Kami melihat Ericsson Radio Dot System merupakan solusi yang tepat bagi komitmen kami untuk secara terus menerus meningkatkan pengalaman layanan mobile pada pelanggan kami,” jelasnya.