Search
Sabtu 13 Juli 2024
  • :
  • :

Fenomena Arya Wiguna di YouTube

MAJALAH ICT – Jakarta. Dulu, mungkin tak banyak orang mengenal Arya Wiguna, sosok lelaki yang disebut dekat dengan Eyang Subur. Namun berkat kemarahannya yang disiarkan melalui infotainment, Arya Wiguna dikenal seantero negeri. Hal itu, tak kecuali juga berkat beberapa video yang diunggah ke YouTube.

Sosok Arya dengan kata "Demi Tuhan"-nya menjadinya fenomena baru orang-orang yang menjadi terkenal berkat YouTube. Video Arya Wiguna cukup beragam, sehingga memang tidak bisa mengalahkan fenomena Keong Racun yang sempat hits diangka 6 juta views. Namun, jika semua jenis video Arya Wiguna digabungkan, angka 6 juta mungkin sudah terlewati.

Sebut saja video berjudul "Arya Wiguna – Demi Tuhan (Speech Compaoing by @ekaGustiwana) yang sudah di atas 2 juta views. Kemudian juga "Arya wiguna – Demi Tuhan" yang dibuat oleh Calengklik yang sudah diangka 1,9 juta penonton. 

Sementara judul "Arya Wiguna – Jebakan Subur (Remix (Original Version by Mardial) sudah mencapai 1,7 juta yang melhatnya. Selain itu juga ada video "Demi Tuhuhaaaaan!! Parody Dub Arya Wiguna + Film ‘300’" yang mencapai 1,2 juta view. Setidaknya ada 6,8 juta semuanya. Ini belum termasuk video lain semisal PSY featuring Arya Wiguna yang mencapai 847 views.

Arya Wiguna bukan satu-satunya orang yang terkenal dan ngetop karena video di YouTube. Beberapa waktu lalu, pernah juga heoboh video Briptu Norman Kamaru, yang juga fenomenal dengan 3 juta penonton. 

Kemudian ada juga duet lipsync Keong Racun yang saat ngetop sampai menembus angka 6,5 juta penonton. Mungkin ini video amatir paling fenomenal dari Indonesia. Video yang direkam melalui webcam itu diunggah ke situs media video-sharing YouTube pada 23 Juni 2010. Reaksinya mengejutkan, video ini ditonton jutaan orang. Video ini juga melejitkan dua pemerannya, Shinta dan Jojo. Mereka mendadak jadi artis — diundang lipsync di mana-mana,  jadi bintang iklan, bahkan di bawah manajemen milik Charlie ST 12, keduanya jdi penyanyi. Lagu ‘Tokek Belang’.

Pernah juga ada video "Andai Aku Jadi Gayus Tambunan" yang menjadi inspirasi mantan napi Bona Paputungan menciptakan lagu "Andai Aku Jadi Gayus Tambunan". Bona agaknya iri melihat kehidupan Gayus yang bisa bebas plesir ke Bali, hingga ke luar negeri ini. Berbeda dengan dirinya pada saat ditahan di Lapas Gorontalo ini yang harus pasrah tidak bisa berbuat banyak. Tak ketinggalan, Udin Sedunia dibuat oleh seorang pemuda bernama Udin atau lengkapnya Soaluddin, kelahiran 31 Desember 1985, di Lombok Tengah. Lagu itu sempat menimbulkan kontroversi karena dianggap melecehkan orang-orang yang bernama Udin.