Search
Kamis 18 April 2024
  • :
  • :

Fitch Prediksi 2014-2015 Kinerja Sektor Telekomunikasi Menurun

MAJALAH ICT – Jakarta. Lembaga pemeringkat global, Fitch Ratings, memprediksi bahwa di 2014-2015 mendatang kinerja sektor telekomunikasi Indonesia akan mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan terjadinya kelebihan jumlah operator yang ada sekarang ini.

"Penurunan dikarenakan sejumlah perusahaan telekomunikasi yang lemah dan lebih kecil mungkin akan diakuisisi oleh perusahaan telekomunikasi yang besar, atau akan terjadi merger satu sama lain untuk memperbaiki posisi keuangan dan operasi mereka. Konsolidasi semestinya akan meningkatkan laba operasional dan arus kas, tetapi transaksi tersebut bisa melemahkan neraca pengakuisisi jika didanai oleh utang," ungkap Fitch dalam laporannya.

Ditambahkan Fitch. perusahaan telekomunikasi kecil di Indonesia dan India terus berjuang untuk mendapatkan pangsa pasar dan menggapai laba positif sebelum interest, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA). Di pihak lain, strategi mengandalkan data pasar yang tumbuh cepat tidak lagi bekerja, karena mereka tidak mampu mencapai skala berarti dan keuntungan signifikan di tengah persaingan yang ketat. "Operator di Indonesia sudah mulai konsolidasi," tambahnya.

Diprediksi proses konsolidasi ini tidak akan berhenti hingga mencapai posisi kesetimbangan yang ideal. Dengan empat operator GSM dan tiga operator CDMA yang masih aktif, tidak perlu heran jika nanti beberapa perusahaan bakal berubah. Perubahan tersebut bisa termasuk menutup perusahaan karena terus merugi, diakuisisi ataupun akhirnya memilih menjadi MVNO (Mobile Virtual Network Operator).