Search
Selasa 21 Mei 2024
  • :
  • :

Flappy Bird Akhirnya Kembali, Namun Melalui Amazon

MAJALAH ICT – Jakarta. Permainan fenomenal Flappy Bird, setelah ditarik pembuatnya Don Nguyen beberapa waktu lalu, kembali muncul. Namun, games yang sesungguhnya terlihat mudah, namun menyebalkan sehingga orang ingin terus bermain games ini, hanya tersedia untuk Amazon.

Permainan baru Flappy Bird tersebut diberi nama "Flappy Bird Family". Ada beragam fitur baru yang luar biasa, lebih banyak hambatan, lebih menyenangkan dan masih memiliki tingkat kesulitan yang sama. Sampai saat ini belum ada rencana Nguyen untuk membuka kembali game tersebut untuk versi Android atupun iOS.

Menurut Dong Nguyen sendiri, Flappy Bird yang dinyatakan akan siap di App Store pada Agustus ini. Berbeda dengan Flappy Bird yang pernah ditariknya dari berbagai toko aplikasi, Flappy Bird baru akan kurang adiktif dan memiliki opsi multi-player. Tentunya itu akan tetap sama gaya 8-bit yang membuat permainan begitu populer.

Nguyen juga mencatat bahwa ia berencana untuk merilis game lain di masa mendatang. Salah satunya adalah games yang diberi bocoran sebagai "beberapa orang melompat dari gedung ke gedung".

Soal kembalinya Flappy Bird, sudah diungkap beberapa waktu lalu oleh dong Nguyen, seperti diwawancarai Rolling Stone. Namun dirinya mengaku akan memberi catatan atas games ini. Sebagaimana diketahui, Dong menarik games nya karena dirinya tidak ingin orang kecanduan memainkan Flappy Bird. Sehingga, dalam games yang ‘baru’ nantinya akan diberi peringatan bagi pengguna untuk tidak terus-terus menggunakan games ini dengan tulisan "Please take a break".

Rencana kembalinya Flappy Bird, ternyata juga menyisakan persoalan. Hal itu karena ada ketentuan dari Apple, untuk pengembang berbasis iOS, jika sudah mendelete aplikasi, maka tidak bisa dikembalikan lagi. Termasuk juga menggunakan nama aplikasi atau organisasi pengembang yang sama.

Meskipun Dong Nguyen memegang penuh hak cipta, namun dia tidak bisa kembali menggunakan Flappy Bird yang tela dihapusnya dari Apple Store. Ketentuan ini berbeda dengan ketentuan yang diberikan Google Play Store, yang tidak mempermasalahkan hal tersebut. 

Namun ada pengalaman lain, bahwa penggunaan nama Flappy Bird bisa saja dilakukan. Dan hal ini sudah terjadi ketika developer Mobile Media Partners merelease Crashy Bird dan menggunakan nama Flappy Bird dua jam setelah Nguyen menghapus Flappy bird asli. CEO Mobile Media Partners Chris Langbein told GamesBeat, keputusan ada di Apple. Namn, dia tetap tidak bisa menggunakan nama yang sama meski tersedia. 

NAmun kabar buruk lainnya, selain membutuhkan nama baru di iOS, Dong Nguyen juga tidak akan lagi memiliki akses terhadap 50 juta orang yang sudah mengakses Flappy Bird.