Search
Rabu 24 Juli 2024
  • :
  • :

Flappy Bird Ditarik Karena Pembuatnya Merasa Bersalah

MAJALAH ICT – Jakarta. Keputusan pembuat games Flappy Bird, Dong Nguyen, yang mengatakan bahwa dirinya menarik Flappy Bird yang saat ini sedang digandrungi banyak orang, masih jadi kontroversi dan belum jelas akan seperti apa. Namun yang jelas, Nguyen mengatakan melalui microblogging Twitter bahwa dirinya sudah tidak bisa lagi mengurus Flappy Bird.

Soal tidak bisa mengurus Flappy Bird, nampaknya Nguyen merasa bersalah telah menciptakan games yang membuat orang jengkel, sehingga terus-menerus ingin memainkan games ini. "Saya lelah mengurusnya," kata Nguyen. "Bukan karena masalah itu (banyak tudingan Nguyen mencuri semangat games Mario Bros–red) tapi lebih pada bagaimana orang menggunakan permainan saya. Mereka terlalu berlebihan menggunakannya," kicau Nguyen melalui @dongatory. 

Selain itu, Nguyen ternyata juga ‘membenci’ kesuksesan Flappy Bird. "Saya dapat mengatakan Flappy Bird adalah kesuksesan saya. Namun, hal ini juga mengganggu kehidupan saya yang sederhana. sehingga, saya membencinya," ungkap Nguyen. 

Apa yang disampaikan Nguyen tentu membuat beberapa pihak bingung. Pasalnya, games yang sedang naik daun dan banyak di-download untuk versi OS Android dan iOS ini, sedang bersiap juga untuk dapat digunakan pada smartphone maupun tablet berbasis windows. Dan lagi, dari iklan di games ini, Nguyen mendapat sekitar 50 ribu dolar AS atau sekitar Rp. 600 juta per bulannya.