Search
Rabu 17 April 2024
  • :
  • :

GADGET REVIEW | Nokia Lumia 920

MAJALAH ICT – Jakarta. Nokia Lumia 920 dianggap punya peranan penting bagi kelangsungan hidup perusahaan Nokia, baru saja diumumkan menggunakan OS Windows Phone 8. Handset ini sekaligus jadi pembuka bagi handset WP8 Nokia lainnya seperti Nokia Lumia 820. Mempertahankan desain cantik dari Nokia Lumia 900 berbahan polycarbonat tapi diberi polesan glossy.

Nokia Lumia 920 memiliki teknologi Nokia PureMotion HD Plus yang membuatnya lebih baik dari teknologi HD lainnya. Sebenarnya teknologi HD biasa digunakan pada smartphone lain namun tidak menghasilkan gambar putus saat panning.

Tata letak tombol, jack headphone, dan lubang micro speaker pada Nokia Lumia 920 terlihat sa­ ngat baik. Menaruh jack headphone tepat ditengah membuatnya mudah untuk dikantongi sambil mendengarkan musik saat jalan­-jalan.

Dimensi & Layar
Nokia Lumia 920 hadir dengan dimensi 13.0 x 7.08 x 1.07 cm dan berat 0.185 kg yang membuatnya sedikit lebih besar serta lebih berat dibandingkan dengan pendahulunya, Nokia Lumia 900. Handphone ini memiliki penampang layar seluas 4.5 inci dengan kerapata
n 720 x 1280 piksel berkedalaman 16 juta warna. Dilengkapi pula dengan teknologi PureMotion HD+ dan Nokia ClearBlack. Layar berteknologi IPS TFT kapasitif ini dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 2 sehingga layar tidak akan tergores dengan mudah.


Kamera 8 MP
Lensa Carl Zeiss masih setia menemani kamera Nokia Lumia 920 dengan kekuatan 8 MP ditemani oleh LED flash serta memiliki fitur autofokus, optical image stabilization, juga teknologi PureView. Nokia Lumia 920 juga menyematkan kamera kedua dengan besaran 1.3 MP yang dapat digunakan untuk mengambil gambar serta video call. Semua hasil gambar dan video tersebut dapat disimpan ke dalam memori internal sebesar 32 GB. Apabila Anda rasa tidak mencukupi, cukup sinkronisasikan Nokia Lumia Anda dengan SkyDrive yang memberikan Anda kapasitas penyimpanan hingga 7 GB secara gratis.

""

Nokia ClearBlack Display
Sebenarnya Nokia telah memperkenalkan teknologi ini beberapa tahun lalu, namun baru kali ini, setelah teknologinya dikembangkan, mulai disematkan pada produk mereka khususnya seri Lumia. ClearBlack Display merupakan suatu teknologi dimana Anda tetap dapat menatap layar handphone Anda walaupun berada di bawah paparan sinar matahari. Selain itu, teknologi ini juga memberikan warna hitam yang lebih dalam serta memberikan sudut pandang yang lebih baik untuk penggunaan handphone yang lebih nyaman.

Nokia PureMotion HD+
Layar pada handphone membawa jutaan piksel termasuk di dalamnya, warna. Setiap piksel akan berjalan untuk membuat tampilan pada layar menjadi lebih ‘hidup’. Namun beberapa masalah terkadang muncul pada piksel tersebut. Saat satu buah piksel tidak bergerak sempurna atau tidak cukup cepat seperti yang lainnya, hal ini akan menyebabkan layar menjadi buram atau menjadi tersendat saat konten sedang digerakkan. Teknologi PureMotion HD+ dari Nokia mencoba menghilangkan masalah tersebut. Caranya, setiap piksel diberi tenaga tambahan sehingga piksel-piksel ini menjadi lebih ‘aktif’ dan dapat bergerak dua kali lebih cepat dari biasanya, tanpa mengkonsumsi daya berlebih. Dengan teknologi ini, setiap piksel dipastikan dapat bergerak sempurna dan membuat layar menjadi lebih jernih, untuk memberikan kenyamanan saat Anda sedang menjalankan konten pada handphone. 

Nokia Super Sensitive Touch
Bekerjasama dengan Synaptics, developer yang handal dalam mengembangkan teknologi sentuhan kapasitif, Nokia memperkenalkan Synaptics ClearPad Super Sensitive Touch. Teknologi ini membuat handphone Nokia Lumia 920 mengenali dengan tepat setiap sentuhan walaupun pengguna menggunakan sarung tangan atau kuku jari mereka untuk mengoperasikan handphone. Teknologi ini dipastikan akan membuat mereka yang memiliki aktivitas di tempat dingin dan harus mengenakan sarung tangan tidak lagi kerepotan mambuka sarung tangan saat harus menjawab panggilan telepon. Begitu pula dengan mereka yang memiliki kuku panjang, tidak perlu mengalami kesulitan saat mengeksekusi handphone dengan sentuhan kuku.

Nokia Wireless Charging
Berbeda dengan seri Lumia yang lain, Nokia Lumia 920 ini mampu mengisi daya tanpa menggunakan kabel yang dihubungkan dari sumber listrik pada port daya ke handphone. Pada bagian dalam casing belakang handphone sudah ditanamkan chip untuk melakukan Wireless Charging. Adalah teknologi Qi (dibaca: chee) yang mengintegrasikan tenaga ke dalam handphone untuk mengisi daya. Qi dikembangkan oleh konsorsium yang didukung oleh banyak perusahaan untuk nantinya membuat Qi menjadi standar charging nirkabel bagi banyak perangkat di masa depan. Kemudahan ini membuat Anda tidak harus repot menghubungkan kabel daya ke saklar saat hendak mengisi daya handphone, cukup letakkan handphone Anda di atas Nokia Wireless Charging dan proses charging akan segera berjalan dengan sendirinya.

 

Spesifikasi Nokia Lumia 920

   
Ukuran (L x W x H cm) 13.03 x 7.08 x 1.07 cm
Berat (kg) 1
Warna Hitam
Ukuran Layar (in) 4.5
RAM 1
Kapasitas Penyimpanan 32
Kecepatan CPU 1.50
Megapiksel 8.0
Sistem Operasi Windows
Fitur Tampilan HD
Fitur GSM|Music Player|Email|Touchscreen|GPS|Dual Core|Image Stabilization|MP3|Internet Ready
Garansi produk 1 Tahun Garansi (Spare-part & Servis)
Input USB
Output 3.5mm jack|USB
Koneksi Nirkabel Near Field Communication (NFC)|Bluetooth|WiFi|EDGE|3G
Tipe Grafis Adreno 225
Kamera Belakang 8 MP
Kamera Depan 1.3 MP
Resolusi Layar 768×1280
Tipe Baterai Li-Ion
Kapasitas Baterai 2000 mAh
Format Foto JPEG
Format Video MPEG-4
Resolusi Video 1920×1080
Built in Flash Ya
Built in Memory 1 GB RAM
Fitur Kamera Lainnya Geotagging
Tipe Layar IPS LCD
Kedalaman Warna 16 Juta Warna
SIM Micro SIM GSM
Kapasitas Penyimpanan 32 GB
Kecepatan Processor 1.5 GHz
Tipe Processor Qualcomm MSM8960
Sistem Operasi Windows Phone 8

(ICT/ap)