Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Gara-Gara Berhasrat Beli Beats, Saham Apple Anjlok

MAJALAH ICT – Jakarta. Apple dikabarkan akan segera mengakuisisi produsen headphone Beats Audio. Rencana membeli Beats tersebut dengan nilai 3,2 miliar dolar AS atay sekitar Rp. 36,8 triliun. Namun, baru saja rencana diungkap, saham Apple pun anjok.

Menurut Market Watch, setelah rencana akuisisi diumumkan, saham Apple turun 0,42% menjadi 585,54 dolar AS per lembarnya. Sebelumnya saham Apple mencapai 600 dolar AS. Penyebab turunnya disebut-sebut karena akuisisi Beats dinilai merupakan rencana bisnis yang buruk. Harga 3,2 miliar dinilai terlalu tinggi untuk perusahaan audio. Selain itu, sebenarnya Apple telah memiliki usaha musik melalui iPod dan layanan iTunes Music yang dinilai lebih baik dibandingkan Beats Electronics.

Sebagaimana diketahui, Apple dikabarkan akan membeli atau mengakuisi perusahaan produsen perangkat audio ternama yang memproduksi earphone dan headphone, Beats Audio. Kedua  perusahaan tersebut saat ini sedang dalam tahap negosiasi. Dana yang ditawarkan oleh Apple untuk membeli Beats Audio sebesar 3,2 miliar dolar AS.

Menurut berita yang dilansir dari New York Times, akuisisi ini akan menjadi akuisi terbesar dan pertama bagi Apple. Jika negosiasi akuisisi berjalan dengan lancar, pembelian terhadap Beats Audio akan diumumkan pekan depan oleh Apple.

Selain tertarik akan perangkat audio, dikabarkan bahwa Apple juga sangat berhasrat memiliki layanan musik streaming terbarunya Beats yang sempat diperkenalkan pada Januari lalu. Meski saat ini Apple memiliki layanan streaming musik sendiri bernama iTunes Radio, layanan musik streaming dari Beats dapat menjadi pelengkap, terutama dalam menghadapi persaingan dengan Spotify dan Pandora yang menyajikan layanan musik streaming yang serupa.

Beats Audio pertama kali didirikan oleh rapper Dr Dre dan Jimmy Lovine yang merupakan seorang produser musik. Di awal membangun perusahaan, investasi pada perusahaan ini sebesar 500 juta dolar AS dari Carlyle Group. Adapun nilai Beats Audio diperkirakan saat ini mencapai 1 miliar dolar AS.