Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Gedung Indosat akan Dirampas sebagai Jaminan Kerugian Negara Rp. 1,3 Triliun

MAJALAH ICT – Jakarta. Mahkamah Agung (MA) telah menjatuhkan vonis berkekuatan hukum tetap kepada mantan Dirut PT Indosat Mega Media (IM2) Indar Atmanto. Selain itu, MA juga memperkuat putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi dimana PT Indosat diwajibkan untuk membayar uang pengganti Rp 1,3 triliun terkait perkara dugaan korupsi penyalahgunaan jaringan frekuensi radio 3G milik PT Indosat oleh PT IM2.

Dalam rangka memulihkan keuangan negara sebesar Rp 1,3 triliun sekaligus melaksanakan putusan pengadilan, Kejaksaan Agung (Kejagung) bakal merampas gedung Indosat sebagai jaminan. "Gedungnya kita rampas sebagai jaminan. Putusannya harus kita laksanakan 1 tahun itu," demikian disampaikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Sarjono Turin, di Jakarta.

Menurut Turin, pihaknya memberi tenggang waktu selama setahun bagi Indosat untuk melaksanakan kewajibannya kendati putusan MA menyebut batas waktu yang harus dipenuhi selama 30 hari. "Biasanya 30 hari, tapi karena ini nilainya besar maka 1 tahun. Kasasinya begitu. Artinya, setelah 1 tahun ini tidak membayar denda maka akan dirampas asetnya itu bunyi putusan dari MA. Jaksa selaku eksekutor," tegasnya.