Search
Selasa 21 Mei 2024
  • :
  • :

Gmail Jadi Aplikasi Android Pertama yang Menembus 1 Miliar Download

MAJALAH ICT – Jakarta. Cara yang dilakukan Google agar Google Mail laris manis terbukti jitu. Dengan ‘memaksa’ pengguna Android menggunakan Gmail dan juga aplikasi siap pakai Gmail di Android, membuat aplikasi Gmail menembus 1 miliar penggunaan.

Milestone menembuskan 1 juta download diungkap oleh Sundar Pichai, Kepala Android di Google. Denga demikian, maka Gmail ber[indah tempat ke kelompok aplikasi yang sudah di download antara 1-5 miliar.

Menurut The Guardian, angka 1 miliar di sini meliputi, pengguna aktif, tidak aktif, maupun yang memiliki akun Gmail dupikat. Data tersebut juga merupakan perhitungan dari total akun unik atau yang juga menginstal aplikasi Gmail. Jadi, bukan jumlah perangkat yang menggunakan aplikasi tersebut. Jumlah tersebut naik dua kali lipat dibanding pada Juni tahun lalu.

Untuk memberikan kenyamanan pengguna Gmail, Google kini juga sedang mendesain UI (User Interface) baru ke aplikasi Gmail maupun versi web-nya. Dalam beberapa screenshot yang bocor di internet, Google mencoba mengubah tampilan desain Gmail menjadi lebih radikal, yakni menyatukan filosofi desain Gmail antara perangkat mobile dan versi web.

Gmail baru nantinya akan hadir dalam berbagai ukuran layar dan resolusi berbeda, namun tanpa kehilangan fungsionalitas aslinya. Secara desain dasar sendiri, ikon ‘Compose’ kini dipindah ke sudut kanan bawah. Hadir pula fitur baru ‘reminder’ untuk menggantikan tanda sebelumnya, ‘starred’ guna menandai beberapa email penting agar muncul di posisi paling atas. Ada juga tab layanan Travel, Purchases, dan Finance juga tersedia bersama tab Social, Forums, Updates dan Promotional.