Search
Minggu 16 Juni 2024
  • :
  • :

Google Doodle Rayakan Hari Lahir Pencipta Boneka Si Unyil

MAJALAH ICT РJakarta. Hari ini Google Doodle merayakan hari lahir Drs. Suyadi. Nama Suyadi tentu tidak asing lagi bagi anak Indonesia, yang mungkin kini sudah dewasa atau bahkan menua. Hal itu karena sosok ini merupakan tokoh dibalik kelahiran tayangan boneka Si Unyil. Selain itu, Drs Suyadi juga bermain sebagai pengisi suara tokoh Pak Raden dengan kumis-nya yang panjang dan tebal.

Si Unyil pertama kali tayang di stasiun TVRI mulai bulan April 1981 hingga tahun 1993. Setelah itu, tayang di dua stasiun televisi sejak bulan April 2002 hingga awal 2003.

Suyadi sendiri adalah alumni Institut Teknologi Bandung, jurusan seni rupa. Pada tahun 1961 Р1963, dia meneruskan belajar animasi ke Perancis. Alasan Suyadi menciptakan Si Unyil adalah demi membuat acara yang mendidik untuk anak-anak di tahun 1980-an. Suyadi yang kerap dipanggil Pak Raden ini juga selain sebagai kreator Si Unyil, merupakan pembuat buku dan film animasi untuk anak-anak.

Suyadi membuat buku pertamanya pada tahunn 1952, ketika dia masih duduk di bangku universitas. Sementara itu, buku terakhirnya, yang berjudul Petruk Jadi Raja, dia buat pada tahun 2008, ketika dirinya berusia 76 tahun.

Suyadi menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Pelni Petamburan pada 30 Oktober. Jenazahnya lalu dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Google sudah beberapa kali menampilkan peristiwa dan tokoh Indonesia di Doodle nya. Tercatat, tiap peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus, Doodle selalu diisi dengan sesuatu yang khas dari peringatan 17-an. Selain Suyadi, Ki Hajar Dewantara serta Samaun Samadikun pernah pula dijadikan ilustrasi gambar di home page mesin pencarian internet raksasa ini.