Search
Sabtu 18 Januari 2020
  • :
  • :

Google Kembangkan Pembangkit Listrik Memakai Robot Pesawat Terbang

MAJALAH ICT – Jakarta. Setelah sukses mendanai sebuah menara pembangkit listrik tenanga tenaga surya di Kalifornia dengan gelontoran 168 juta dolar AS, Google kini dikabarkan mulai mengincar teknologi tenaga angin.

Menurut laporan Bloomberg Businessweek dan dilansir wirawiri.net, Google telah mengakuisisi Makani Power dari area yang sama, sebuah perusahaan baru bermarkas di Kalifornia yang bergerak di bidang pengembangan teknologi bernama Airborne Wind Turbine (AWT), yaitu pembangkit listrik tenaga angin memakai robot pesawat terbang sebagai turbin angin.

Akuisisi perusahaan bernama The Makani Power itu ditangani oleh Google X, laboratorium teknologi milik Google yang bertugas meriset teknologi-teknologi futuristik macam Google driverless car dan Google Glass.

Makani sendiri sebenarnya sudah menerima hibah pada tahun 2010 dari departemen energi badan Advanced Research Projects Agency (ARPA-E) untuk membantu pengembangan prototipe Wing 7. Wing 7 adalah model yang mampu memroduksi 30 kilo Watt dari yang direncanakan, yakni 600 kW yang dirancang untuk terbang di ketinggian antara 250 hingga 600 m dan mengirimkan listrik ke tanah melalui kabel yang ditambatkan ke pesawat.

Jadi, prinsip kerja pesawat terbang tanpa awak ini seperti layangan yang berputar-putar terus.

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *