Search
Minggu 14 April 2024
  • :
  • :

Google Umumkan Proyek Smartphone Berkode Tango

MAJALAH ICT – Jakarta. Google mengumumkan sedang menjalankan proyek terbarunya, berkode Tango. Lewat proyek ini, Google menginginakn pengguna untuk membuat lingkungan game 3D dengan menggerakan ponsel cerdas di sekitar ruang tamu. 

Proyek Tango dari Advanced Technology And Products group (ATAP) merupakan proyek yang tetap dipegang Google ketika Motorola menjual Motorola Mobility ke Lenovo. Ini adalah prototipe smartphone berbasis Android yang memungkinkan menjejak ruang secara real time. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan 3 kamera, termasuk satu yang spesifik untuk menjejak pergerakan dan lainnya diperuntukan untuk kedalaman persepsi, dan dua proses penglihatan yang disebut dengan Movidius.

""Prototipe kami saat ini adalah ponsel 5 inchi yang berisi hardware disesuaikan dan software yang dirancang untuk melacak gerakan 3D penuh dari perangkat, sementara secara bersamaan menciptakan peta lingkungan. Sensor ini memungkinkan telepon untuk membuat lebih dari seperempat juta pengukuran 3D setiap detik, memperbarui posisi dan orientasinya secara real-time, menggabungkan data ke dalam model 3D tunggal ruang di sekitar," jelas Google.

Keuntungan bagi pengguna dan pengembang secara teoritis adalah menciptakan lingkungan virtual yang nyata menggunakan satu perangkat kecil. Ini bermanfaat dari kartografi, games hingga augmented reality. Hal ini karena manusia hidup di ruang 3 dimensi dari keterbatasan layar ponsel tidak memungkinkan fisik dunia tersebut terwujud.

Tango merupakan team yang sama dengan Ara, yang merupakan protipe platform smartphone yang diperkenalkan Motorola tahun lalu. Dan sejak itu, Google membuat beberapa pendekatan ke arah robotika, dengan membeli beberapa perusahaan seperti Boston Dynamics dan memindahkan personel seperti penemu Android Andy Rubin sebagai Kepala Robotika.