Search
Jumat 19 April 2024
  • :
  • :

Hacker Indonesia Hentikan Sementara Serangan ke Situs Australia

MAJALAH ICT – Jakarta. Para peretas Indonesia yang merupakan Anonymous Indonesia Hacker yang tergabung Indonesia Security Down Team (ISD) mulai kemarin menghentikan sementara serangannya ke situs-situs pemerintahan Australia. Belum diketahui mengapa serangan yang sebelumnya hampir tiap hari dilakukan kemudian dihentikan.

"Serangan masih kami hentikan sementara! Admin dan Staf ISD," tulis mereka melakukan media sosial. Ditengarai, kekuatan para hacker menjadi tercerai-berai akibat fans page di Facebook sebagai wahana komunikasi serangan beberapa ditutp pihak Facebook.

Sebelumnya, para peretas Indonesia sempat mencoba-coba untuk menyerang sebuah bandara di Australia, namun serangan tidak membuahkan hasil. Entah situs yan diserang terlalu kuat, ada jumlah penyerangnya yang kurang banyak. Pasalnya, untuk DDOS jumalh penyerang juga mempengaruhi kecepatan sebuah situs untuk dilumpuhkan.

Serangan terakhir para hacker Indonesia adalah penyerangan terhadap IP 210.193.134.135. Dari serangan ini, 12 situs sempat semaput semalaman, meski kemudian situs-situs pemerintahan Australia itu kembali normal, setelah mengganti IP address nya. IP 210.193.134.135 sendiri sempat down beberapa hari atau dalam kondisi ‘404 not found’ yang berarti server mengalami masalah.

Dari pantauan Majalah ICT, situs-situs yang sempat terkena meliputi archive.coag.gov.au, careers.pmc.gov.au, www.dpmc.gov.au, www.artbank.gov.au, www.coag.gov.au, www.itsanhonour.gov.au, www.igis.gov.au, www.coagbushfireinquiry.gov.au, www.coagreformcouncil.gov.au, www.mentalhealthcommission.gov.au, www.royalcombci.gov.au dan www.oilforfoodinquiry.gov.au. Namun begitu, tidka berapa lama, situs normal kembali. Ini bisa saja terjadi jika mereka memiliki pengaman anti DDOS maupn bergerak cepat dengan mengganti IP address sebelumnya dengan yang baru.

Menurut penelusuran, IP address 210.193.134.135 dipakai oleh beberapa situs karena merupakan web hosting untuk beberapa situs pemerintah yang diselenggarakan oleh Macquaire Telecom yang berpusat di Sydney, New South Wales, Australia.