Search
Minggu 14 Juli 2024
  • :
  • :

Hadapi Lebaran, Indosat Siapkan Kapasitas Data Hingga 150 TeraByte

MAJALAH ICT – Jakarta. Menjelang Hari Raya Idul fitri mendatang, Indosat menyiapkan jaringannya menghadapi peningkatan trafik yang akan meningkat drastis dibanding hari-hari biasa. Untuk lebaran kali ini, Indosat menyiapkan kapasitas data hingga 150 TeraByte.

Demikian diungkap Head of Public Relations Indosat Adrian Prasanto. Menurut lelaki yang biasa dipangil Pras ini, Indosat akan melakukan peningkatan jumlah kapasitas jaringan agar bisa menampung lebih banyak trafik. "Kami akan melakukan peningkatan kapasitas suara, pesan singkat maupun layanan data yang lebih besar untuk menghadapi trafik Lebaran 2013," kata Pras. 

Dijelaskannya, layanan data yang menjadi primadona diprediksi akan meningkat drastis. Indosat menyiapkan kapasitas data sebesar 150 TeraBita/hari agar bisa menangani trafik Lebaran yan diperkirakan mencapai 69,05 TeraBita/hari. Pada Lebaran 2012, trafik data di Indosat tercatat mencapai 44,58 TeraBita/hari.

Untuk kapasitas layanan suara Indosat kini bertambah menjadi 18 juta Erlang per hari untuk menangani trafik layanan suara selama Lebaran 2013 yang diperkirakan akan mencapai 6,97 juta Erlang per hari. Jumlah layanan suara diperkirakan mengalami peningkatan tidak terlalu tinggi daripada Lebaran 2012 yang mencapai 6,84 juta suara.

Sementara untuk SMS, Indosat juga menambah kapasitas layanan pesan singkat menjadi 1,45 milyar SMS/hari. Diperkirakan akan ada 1,1 milyar SMS setiap harinya selama musim Lebaran di jaringan Indosat. Tahun lalu, SMS yang dikirim dari jaringan Indosat selama Lebaran mencapai 1,025 milyar SMS/hari.

Berdasarkan pengalaman dari Lebaran 2012, Indosat memprediksi bahwa pada Hari Raya Idul Fitri trafik komunikasi yang tinggi akan berada di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Tg