Search
Senin 15 Juli 2024
  • :
  • :

Hadapi Tantangan Seluler, XL Siapkan Rencana Strategis

MAJALAH ICT – Jakarta. PT XL Axiata Tbk (XL) menyiapkan sejumlah langkah strategis guna menghadapi tantangan industri telekomunikasi seluler Indonesia tahun ini.

Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi menyatakan, langkah strategis yang dilakukan tetap fokus pada layanan data. Pada sisi kualitas jaringan, langkah yang pasti ditempuh adalah mengembangkan coverage 3G.

Selain itu, XL akan menyediakan kapasitas layanan data yang besar untuk mengatasi lonjakan trafik dan memberi kemudahan akses layanan data yang berkualitas dengan dukungan teknologi terbaru 3G. Langkah lainnya adalah memperbanyak kolaborasi dengan partner-partner bersangkutan.

"Langkah tersebut akan didukung pembangunan jaringan transmisi berbasis IP (internet protocol) secara massif, serta migrasi sistem jaringan lama ke jaringan berbasis IP (internet protocol). Terkait hal ini, XL berharap dapat mendapatkan tambahan alokasi kanal 3G dari tender yang sedang berlangsung saat ini," ujar Hasnul dalam rilis, Senin (11/2).

Disampaikannya lagi, XL memiliki total 39.452 BTS (2G dan 3G). Sepanjang tahun 2012 yang lalu, telah dibangun lebih dari 11 ribu BTS baru. Sebagian besar merupakan BTS 3G.

Pembangunan node B akan terus berlanjut tahun ini guna peningkatan perluasan jaringan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan atas layanan data. Kualitas jaringan akan sangat menentukan bagi usaha XL dalam memberikan pengalaman (experience) yang lebih baik bagi pelanggan dalam menggunakan layanan data.

Selain pengembangan jaringan, pada sisi produk, XL akan terus mengembangkan produk inovatif yang akan memberikan manfaat lebih bagi pelanggan. Tahun lalu, operator ini membangun dan mengembangkan bisnis digital service,antara lain layanan M-finance melalui XL Tunai, Machine2Machine (M2M) & XCloud, M-Advertising, serta tentunya Content & Applications.

Langkah marketing lainnya adalah mendorong tumbuh kembangnya ekosistem bisnis layanan data. Termasuk meningkatkan program-program bundling. "XL juga menyediakan berbagai pilihan layanan data/offering yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Peluncuran sejumlah kartu baru (XL-ku dan XL Bebas) di awal tahun merupakan salah satu implementasi dari strategi ini," pungkas Hasnul.(ap)