Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Hallo Media Network Tawarkan Kerja Sama Berita Media Digital

MAJALAH ICT – Jakarta. Dalam upaya memperkaya konten media berita digital, kelompok jaringan media online Hallo Media Network (HMN) menawarkan kerjasama berita kepada pengelola media berita digital lainnya.

“Dengan semangat kebersamaan dan solidaritas antar sesama media online, kami mengajak kerjasama konten dengan media digital lainnya,” kata Chairman Hallo Media Network Budi Purnomo Karjodihardjo, di Jakarta. HMN saat ini memiliki lebih dari 25 media berita digital, baik yang berskala nasional seperti Halloapakabar.com, dan Fokusbisnis.com, maupun pers daerah yang tersebar di berbagai provinsi.

""Menurut Budi, kerjasama konten bisa dilakukan dengan melakukan pertukaran berita atau news barter. "Teman-teman pengelola media digital diperbolehkan mengutip sebagian atau seluruh berita Halloapakabar.com, dan sebaliknya kami juga boleh mengutip berita dari media digital yang sepakat bekerjasama," katanya.

“Tentu saja masing-masing pihak berkomitmen untuk mempromosikan nama media digital mitra kerjasama dengan mencantumkan sumber medianya masing-masing, untuk setiap berita yang dikutip, ” kata Budi, yang juga Wakil Ketua Umum Forum Pimpinan Media Digital Indonesis (FPMDI) itu.

Selama inipun, untuk momen tertentu HMN sudah menggandeng kerjasama pemberitaan dengan media lainnya secara terbatas. “Kami sudah bergandengan tangan dengan Nayottama Press Holding (NPH) yang memiliki media digital Eksplorasi.co, Moneter.co, dan Banten.co,” tambah Pemimpin Umum/Pemred Group Kelompok Media Peluang yang menerbitkan 8 tabloid/majalah itu.

Selain itu, HMN juga sudah bekerjasama dengan media lokal di Riau Metroterkini.com, “Kami mengutip pemberitaan soal kebakaran dan kabut asap. Juga dengan media lokal di Lumajang Jatim Lumajangsatu.com, kami juga mengutip pemberitaan seputar aktivis tambang Salim Kancil,” katanya.

Sebaliknya, menurut Budi, kepada media Metroterkini.com dan Lumajangsatu.com, pihaknya mempersilahkan dan mengijinkan untuk mengutip berita-berita dari Halloapakabar.com, sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Budi menjelaskan, sinergitas antar media digital penting dilakukan dalam upaya memperkaya konten berita. Konten berita yang kaya dan beragam bisa membuat para pembaca betah tinggal berlama-lama di web kita. “Hal ini tentu bisa untuk memancing pengiklan untuk menggunakan media kita,” kata Budi yang juga Wakil Ketua Umum Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI).

Selain soal kerjasama pemberitaan, Hallo Media Network (HMN) juga memfasilitasi sekitar 50an pimpinan media digital yang tergabung dalam Forum Pimpinan Media Digital Indonesia untuk menjalin kerjasama dengan biro iklan Google terbesar di Indonesia, yaitu UAd Metranet, anak perusahaan BUMN Telekomunikasi Telkom Tbk.

Hanya dengan menyiapkan space di media digital dengan posisi tertentu, UAd akan mengisi flatform iklan, dan langsung diisi dengan iklan-iklan dari nasional ataupun internasional, tanpa mengganggu space iklan yang diperoleh langsung dari masing-masing tim marketing media digital.