Search
Kamis 13 Juni 2024
  • :
  • :

Hari Game Indonesia Mengubah Pandangan Buruk Terhadap Game

MAJALAH ICT – Jakarta. Tanggal 8 Agustus ini dicanangkan sebagai Hari Game Indonesia atau yang dikenal dengan sebutan ‘HARGAI’. Dengan pencanangan hari ini sebagai Hari Game Indonesia, diharapkan masyarakat akan bisa lebih luas untuk terbuka presepsi dan loyal terhadap sejumlah judul game buatan anak bangsa.

Seperti disampaikan CEO Nightspade, Garibaldy W Mukti yang mengatakan paradigma umum publik Indonesia kepada permainan digital tak harus mendapatkan pandangan buruk, serta harus bisa lebih positif. "Game selalu jadi kambing hitam ketika ada kasus negatif yang berhubungan dengan game, padahal game itu hanya sebatas medium. Tak beda dengan televisi, koran, dan radio, bagus atau tidak pengaruhnya tergantung konten”," katanya.

Muhammad Ajie Santika, CEO Tinker Games, bahkan menyebut industri game sebenarnya lebih besar jika dibandingkan dengan industri film. Itulah makanya, kata Ajie, pentingnya karya anak bangsa yang sedang trend seperti tahu bulat atau DreadOut dapat distimulus oleh pihak yang terkait. "Dengan begitu Indonesia dapat menjadi tuan rumah atas karya mereka sendiri," yakinnya.

Sementara itu, dalam acara peringatan Hari Game Indonesia itu sendiri ada sederet nama pelaku isdustri game di Indonesia yang ikut unjuk gigi memberikan beragam acara menarik yang mencangkup promo produk, game, voucher, in app purchase, serta sejumlah promo menarik lainnya.

HARGAI merupakan acara tahunan yang diselenggarakan setiap tanggal 8 Agustus untuk mewadahi pelaku industi game, gamers hingga masyarakat di Indonesia untuk dapat berpartisipasi mendukung dan mendorong industri game sebagai salah satu kegiatan positif.

Dalam keterangan tertulisnya, Asosiasi Game Indonesia (AGI) menyatakan bahwa HARGAI mendapat dukungan dari beberapa pihak, yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), dan Google Play. Hari Game Indonesia merangkul semua elemen industri game tanah air, mulai dari pengembang, penerbit, solusi pembayaran, boardgame, dan media.

"Melalui Hari Game Indonesia, Marilah kita bersama-sama memberikan penghargaan terbaik kepada seluruh masyarakat Indonesia yang selama ini telah mendukung industri game di Indonesia. Install dan mainkan game lokal dari Indonesia, khususnya yang dibuat oleh game developer Indonesia, seperti Tahu Bulat, Robowar – Perang Alien, Cumaceban – Indonesia Banget, Princess Rush, Jagoan Galau, Fantasista, I am a Superfan, Harmoni, Dreadout dan karya Indonesia lainnya di https://www.harigameindonesia.com/eventpromo/," ajak AGI.

Selain itu, kata AGI, bagi gamer setia, salah satu cara untuk mendukung game dari Indonesia adalah dengan cara membeli game original dan in-app purchase sehingga pengalaman bermain game bisa lebih maksimal. Pada Hari Game Indonesia, ada beragam promo istimewa yang akan diberikan oleh berbagai pelaku industri game di Indonesia khusus kepada gamer.