Search
Rabu 24 Juli 2024
  • :
  • :

Hasnul Suhaemi: Setiap XL Ulang Tahun, Saya Selalu Pikirkan Kontribusi Nyata Apa Bagi Indonesia

MAJALAH ICT – Jakarta. Perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia saat ini menghadapi tantangan yang semakin berat, diantaranya tingkat penetrasi SIM Card yang sudah melebihi populasi, persaingan antar operator yang semakin ketat yang mendorong semakin menurunnya rata-rata ARPU industri dan sebagainya. Menghadapi berbagai tantangan tersebut, XL optimis akan mampu melalui tantangan tersebut, dan memastikan akan melahirkan berbagai inovasi yang bermanfaat bagi pelanggan dan publik Indonesia. 

Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi mengatakan, "Setiap kali XL berulang tahun, satu hal yang selalu saya pikirkan adalah pencapaian apa yang sudah kami raih, baik bagi pelanggan, pemilik saham, para pemangku kepentingan, dan terutama bagi negeri ini. Kami juga memiliki tekad dan komitmen untuk selalu bisa memberikan kontribusi yang nyata bagi negara Indonesia. Kami tidak akan berhenti dan akan terus berusaha melakukannya.”
 
Hasnul menambahkan, memasuki usia sweet seventeen, XL berfokus pada tiga hal. Pertama, kemudahan akses telekomunikasi bagi masyarakat. Meskipun layanan XL telah menjangkau lebih dari 90% populasi Indonesia, namun XL terus berusaha meningkatkan jangkauan ke berbagai daerah pelosok Nusantara, termasuk wilayah perbatasan dengan negara lain. Saat ini XL telah hadir di 33 provinsi. Pertimbangan XL dalam menggelar jaringan tidak selalu atas pertimbangan bisnis, namun juga faktor sosial, terutama bagaimana bisa membantu membuka keterisolasian daerah dan mempermudah akses informasi.
 
Kedua, kemudahan aktivitas kehidupan masyarakat. Berbagai layanan inovatif dengan nilai manfaat tinggi telah dan akan terus XL hadirkan. XL sangat serius mengembangkang layanan berbasis data digital. Melalui direktorat baru, Digital Service, pengembangan bisnis data mencakup content and applicatione-payment, dan juga machine to machine (M2M). Selain itu, inovasi dalam teknologi jaringan juga tetap XL terapkan untuk menjamin kualitas layanan, termasuk akses internet yang maksimal.  
 
Ketiga, mendukung peningkatan pendidikan nasional. Program XL Future Leader tahun ini telah berhasil menuntaskan seleksi peserta didik baru. Sebanyak 120 mahasiswa angkatan kedua dari berbagai perguruan tinggi telah siap menerima kurikulum soft skiil  yang menitikberatkan pada tiga hal: komunikasi efektif, inovasi dan kewirausahaan, serta managing change. XL berharap, para alumni program ini kelak akan siap bersaing mengisi posisi-posisi tertinggi di perusahaan-perusahaan multi nasional.