Search
Rabu 24 Juli 2024
  • :
  • :

Hati-Hati Aplikasi KakaoTalk Palsu Bisa Curi Data Pengguna

MAJALAH ICT – Jakarta. Instant messaging KakaoTalk memang sedang naik daun. Di Indonesia, aplikasi dari Korea Selatan yang dibintangi artis Sherina ini begitu menarik perhatian pengguna dengan stiker maupun games nya. Namun, bagi pengguna baru, berhati-hatilah terhadap aplikasi KakaoTalk palsu.

Seperti diungkap Softpedia, saat ini bergentayangan KakaoTalk palsu maupun pengiriman informasi update KakaoTalk, yang jika tidak berhati-hati akan menjadi pencuri data pengguna karena telah ditanamkan Trojan. KakaoTalk yang sudah terinfeksi Trojan (ANDROIDOS_ANALITYFTP.A) akan meminta izin untuk dilakukannya penginstalan ulang. Saat itulah aplikasi tersebut akan mencuri informasi kontak, pesan teks, dan pengaturan telepon pengguna. Dampaknya, Trojan akan mengirimkan pesan teks spam ke seluruh kontak pengguna. Karena itu, KakaoTalk juga pernah memperingatkan kepada penggunanya mengenai KakaoTalk Plugin Security. 

Antusias pengguna KakaoTalk di Indonesia, meningkat tajam setelah iklannya yang menampilkan Sherina dan Big Bang diputar di televisi maupun radio. Antusian pengguna itu ditunjukkan dengan ditempatkannya Kakao Talk di peringkat pertama di Google Play Indonesia untuk Kategori Gratis.

Ini merupakan lonjakan signifikan hanya dalam waktu tiga bulan dari posisi ke-60. Selama periode 29 Maret–8 April, KakaoTalk mengalami pertumbuhan fenomenal sebesar 3.000% dengan tambahan 120.000 pengguna terdaftar setiap hari. Pertumbuhan yang mengesankan ini menunjukkan kesuksesan strategi perusahaan yang menawarkan pada para penggunanya fitur-fitur messaging terbaik yang telah terbukti di pasar Korea Selatan disertai konten lokal Indonesia yang kuat.

""KakaoTalk menawarkan beberapa dari fitur-fitur mobile messaging paling unik dan seru ke Indonesia, termasuk fitur group chat yang kuat dengan jumlah anggota yang tidak terbatas, group call cuma-cuma dengan penyaring suara Talking Tom, tema-tema yang dapat dikostumisasi, emotikon animasi, penjadwalan, dan polls.

Pendekatan KakaoTalk kepada pengguna smartphone di Indonesia dilakukan melalui kerja sama dengan sejumlah mitra lokal untuk menambah konten Indonesia dalam produksi emotikon khusus yang melibatkan seniman digital dan selebriti lokal. KakaoTalk juga berkolaborasi dengan sejumlah operator guna menyediakan paket data yang terjangkau dan mengoptimalkan produk untuk jaringan berkecepatan rendah di Indonesia.

Guna menampilkan perpaduan unik antara Korea dan cita rasa Indonesia, KakaoTalk melibatkan bintang Indonesia Sherina Munaf dan bintang Korea Selatan Big Bang sebagai Duta membintangi sebuah iklan komersial (TVC) yang membuahkan daya tarik yang fenomenal. Kini, KakaoTalk menggandeng NOAH untuk pemasarannya dengan menampilkan stiker bergerak.

"Kami sangat gembira bahwa Indonesia menggemari KakaoTalk. Kehadiran Kakao di Indonesia bertujuan untuk membangun sebuah platform mobile (mobile social platform) nomor satu seperti yang telah berhasil kami lakukan di Korea Selatan. Kami akan terus melakukan inovasi produk dan bekerja secara dekat dengan mitra-mitra dan komunitas-komunitas lokal untuk menciptakan ekosistem mobile yang saling menguntungkan,” ujar VP Global Business Development Kakao Corp Kate Sohn.