Search
Minggu 14 Juli 2024
  • :
  • :

Headset dan Baterai BB Dibuat di Indonesia

MAJALAH ICT – Jakarta. Kementerian Komunikasi dan Informatika gerah ketika BlackBerry membangun pabrik di Malaysia. Namun, ternyata sebagian komponen gadget asal Kanada itu sudah dibuat di Indonesia.

Yolanda Nainggolan, PR Manager PT BlackBerry Indonesia, mengatakan headset, baterai, dan satu komponen kamera dibuat di Indonesia dalam enam tahun terakhir.

"Jadi sebenarnya sebagian pabrik BlackBerry ada di Indonesia. Headset dibuat di Cibinong, sedangkan baterai dibuat di Batam," ujarnya.

Terkait dengan keberadaan pabrik BlackBerry di Malaysia, menurut Yolanda, sebenarnya itu hanyalah sementara, bukan bangun manufaktur untuk jangka waktu yang lama.

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika geram karena BlackBerry malah membangun pabrik di Malaysia, padahal Indonesia merupakan pasar utama bagi vendor tersebut.

Sedangkan keberadaan Network Agregator di Singapura malah menguntungkan Indonesia, karena untuk membangun perangkat tersebut sangat merepotkan, belum infrastruktur di Indonesia yang dinilai belum siap.

"Dengan adanya Network Agregator di Singapura, maka Indonesia tinggal menikmati saja, tak perlu repot-repot membangun infrastrukturnya," katanya.