Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

HP Mulai PHK Karyawan Besar-Besaran

MAJALAH ICT – Jakarta. Hewlett-Packard (HP) nampaknya sedang dalam masa sulit. Setelah memangkas jumlah karyawannya 34 ribuan pada 2012 lalu, kini HP menambah jumlah karyawan yang di PHK mencapai hingga 16 ribuan. Sehingg a total, HP memngurnagi jumlah karyawannya hingga 50 ribu orang.

Menurut CEO HP Meg Whitman, langkah ini dibuat agar HP mudah bergerak. "Kami secara bertahap bakal membentuk HP menjadi lebih gesit, dengan biaya yang lebih rendah, pelanggan yang lebih banyak, dan mitra perusahaan yang berhasil dapat bersaing di lanskap perubahan IT yang begitu cepat," katanya beralasan. Namun tidak dijelaskan, akan berapa ribu lagi karyawan di rumahkan untuk HP bisa bergerak ‘gesit’.

Yang menarik adalah, PHK besar-besaran ini terjadi setelah HP sendiri baru mengumkan bahwa laporan keuangan kuartalannya yang cukup positif dimana pendapatannya turun satu persen hingga menjadi 27,3 miliar dolar AS dibanding tahun sebelumnya, sementara laba bersihnya naik sebesar 18 persen, menjadi 1,27 miliar dolar AS. 

Dari pendapatan tersebut, yang tetap tumbuh adalah penjualan PC dekstop dan laptop dimana unit bisnis Personal System group ini tumbuh 7 persen hingga menjadi 8,17 miliar dolar AS. Namun pertumbuhan ini tidak dibarengi bisnis di produk printer, komputasi enterprise, dan layanan enterprise yang tidak tumbuh sesuai yang diharapkan.