Search
Sabtu 21 September 2019
  • :
  • :

Huawei akan Segera Hadirkan Aplikasi Peta Seperti Google Maps

MAJALAH ICT – Jakarta. Huawei memiliki rencana untuk membuat aplikasi peta sendiri yang mirip dengan Google Maps, menurut laporan baru. Aplikasi baru ini akan dapat memuat aplikasi Harmony OS baru untuk perangkat pintar yang saat ini sedang dikerjakan perusahaan. Aplikasi peta ini juga merupakan pertanda baik dari Huawei untuk beradaptasi dengan larangan perdagangan yang dilakukan oleh pemerintah A.S.

Versi Google dari aplikasi Google Maps akan disebut Map Kit, menurut laporan dari situs berita China, China Daily. Namun, tidak seperti layanan peta Google, Map Kit tidak akan menjadi aplikasi konsumen dan sebaliknya dirancang untuk pengembang yang berencana menggunakan pemetaan sebagai bagian dari aplikasi mereka.

Kit Peta akan terhubung ke server pemetaan lokal, dan 150 negara ditetapkan untuk dimasukkan dalam aplikasi pemetaan ini.

Presiden Huawei untuk layanan cloud Zhang Pingan mengonfirmasi bahwa setengah dari aplikasi seluler memerlukan aplikasi peta untuk bekerja dengan kapasitas penuh mereka. Aplikasi peta ini adalah langkah cerdas untuk Huawei karena larangan yang dikenakan pada perusahaan karena perang dagang AS-China.

Mei lalu, Huawei dimasukkan dalam daftar entitas pemerintah AS yang secara efektif melarang semua teknologi perusahaan ini memasuki negara itu lagi. Penangguhan hukuman 90 hari diberikan kepada Huawei untuk terus beroperasi di negara itu, tetapi ini berakhir pada 19 Agustus.
Jika penangguhan hukuman tidak diperpanjang, Huawei harus memutuskan hubungan dengan mitra A.S. kecuali mereka ingin mengajukan izin khusus untuk itu.

Google akan menjadi salah satu perusahaan itu, yang berarti Huawei tidak akan memiliki akses ke Google Maps dan bahkan pembaruan baru untuk sistem operasi ponsel cerdas Android.

Di sisi lain, Huawei sudah beradaptasi untuk skenario terburuk karena sudah memiliki OS Harmony siap. Harmony OS tidak hanya kompatibel dengan smartphone tetapi juga perangkat pintar lainnya. Sistem operasi baru ini bisa menjadi pemain ketiga yang bergabung dengan iOS Apple dan Android Google setelah Microsoft berencana untuk keluar dari industri pada bulan Desember.

Untuk saat ini, kita harus melihat apakah Huawei akan menawarkan versi Peta Kit untuk konsumen guna membantu memasarkan OS Harmony dengan lebih baik. Lebih dari sekadar menjadikan ponsel cerdas berfungsi, Android menawarkan banyak aplikasi bawaan yang bermanfaat di samping di mana Huawei Harmony OS perlu menarik minat para pengguna awal. Pembukaan untuk layanan ini diharapkan akan terjadi Oktober mendatang.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *