Search
Minggu 16 Juni 2024
  • :
  • :

Huawei Berharap Regulator dan Operator Jangan Menunggu 5G Hadir di Pasar

MAJALAH ICT – Jakarta. Huawei berharap agar pemerintah dan operator untuk mengambil langkah yang diperlukan dan mempersiapkan untuk 5G dari sekarang. Huwei juga menekankan bahwa membedakan antara "bisnis orang dan bisnis sesuatu" akan menjadi tantangan besar bagi 5G.

Qiu Heng, presiden operasi pemasaran nirkabel, produk jaringan nirkabel, vendor China tersebut, mendesak agar baik operator dan regulator "tidak menunggu" 5G untuk datang ke pasar, dengan memberikan fakta bahwa beberapa "perkembangan masa depan sudah tertentu, sehingga kita bisa mempersiapkan untuk itu ".

Satu hal yang pasti, menurut Heng, adalah peningkatan besar diharapkan dari lalu lintas data, dan pada gilirannya, meningkatnya kebutuhan spektrum. Di Timur Tengah, Heng mengatakan, kesenjangan spektrum adalah "besar", dan wilayah ini akan membutuhkan 10x spektrum yang lebih untuk mengatasi permintaan.

Secara khusus, ia melihat kasus untuk spektrum 3,4 GHz – 3,6 GHz di C-band yang akan dirilis, serta 39 GHz, yang keduanya dapat digunakan di sebagian besar wilayah di seluruh dunia.

"Tidak ada keraguan bahwa lalu lintas data akan meningkat sangat cepat, dan kami harus berpikir tentang melepaskan spektrum yang sekarang," katanya. "Kita perlu waktu untuk mempersiapkan spektrum, dan untuk masalah perizinan.

Dalam jangka sampai dengan 5G, Heng lanjut mengimbau kepada pemerintah untuk membuat lebih banyak spektrum yang tersedia secara netral, mengulangi panggilan dari sudut industri mengenai spektrum yang dapat digunakan untuk kedua jaringan 4G dan 5G.

Titik ketiga ke regulator beralih ke infrastruktur ICT yang lebih terbuka, dengan alasan bahwa operator harus diizinkan untuk menggunakan BTS di tempat umum dan meningkatkan konektivitas.

Bagi operator, fokus harus ditempatkan sebagian besar di IOT, dan kebutuhan mendesak untuk mulai menyebarkan narrowband IOT.

"Mulailah dengan NB-IOT dan menghubungkan segala sesuatu di era 5G," katanya. "Jika kita menunggu 5G untuk datang, yang beroperasi di vertikal akan sulit. Ini akan membutuhkan model bisnis baru."