Search
Kamis 30 Mei 2024
  • :
  • :

Ide E-Blusukan Jokowi, Telkom Siap Mendukung

MAJALAH ICT – Jakarta. Keinginan Presiden terpilih Joko Widodo untuk meneruskan kebiasaannya melakukan blusukan ketika nanti secara resmi telah dilantik sebagai Presiden RI ke-7, di satu sisi mendapat sambutan positif dari masyarakat, namun di sisi lain menghadirkan pertanyaan bagaimana model blusukan yang pas mengingat wilayah Indonesia yang begitu luas. Wacana blusukan secara elektronik, e-blusukan, mengemuka untuk menjawab tantangan Presiden agar tetap dapat berkomunikasi secara langsung dengan rakyatnya.

Dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), sebagai BUMN Telekomunikasi, menyaakan kesiapanya mendukung program Jokowi tersebut untuk membangun sistem informasi dalam mendukung kinerjanya. E-Blusukan merupakan sistem blusukan secara online yang akan membantu Jokowi saat mengemban tugasnya.

Direktur Keuangan Telekomunikasi Indonesia, Honesti Basyir, mengaku bahwa pihaknya siap dengan program tersebut. "Kesiapan untuk dukung program pemerintah, kami tidak ada keraguan. 100 persen kami siap," ujar Honesti di Jakarta.

Honesti mengaku saat ini Telkom telah memodernisasi seluruh jaringan atau network milik Telkom. Hal ini bisa dilihat dari anak usahanya yaitu PT Multimedia Nusantara (Metra), yang mampu menjadi penggerak program pemerintah berbasis Online. "Jadi tinggal pemerintah maunya apa, karena jaringan kami tinggal diisi aplikasi yang mau dibuat pemerintah, apakah e-Blusukan, e-government atau lainnya. Jadi masalah konten, aplikasi dan desainnya seperti apa," katanya.