Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Imagine Cup Sisakan 18 Tim Masuki Babak Semi Final

MAJALAH ICT – Jakarta. Imagine Cup 2014, kompetisi teknologi informasi tingkat dunia, akan memasuki babak semi final untuk Indonesia. Ada 18 tim tersisa yang masuk babak Semi Final dan harus mempresentasikan hasil karya mereka di hadapan para juri pada tanggal 22 Maret 2014 mendatang. Menurut Risman Adnan, Direktur Developer and Platform Group, Microsoft Indonesia sampai batas akhir pendaftaran pada tanggal 28 Februari 2014 lalu, tercatat secara keseluruhan 748 pelajar dan mahasiswa yang mendaftar dari seluruh Indonesia.

Dijelaskan Risman, kompetisi Imagine Cup telah menjadi bagian dari para pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia, hal tersebut terlihat dari antusiasme mereka untuk mengikuti kompetisi bergengsi ini. "Setelah melalui tahapan seleksi yang dilakukan oleh tim Microsoft Indonesia, telah terpilih 18 tim semi finalis, 6 tim dari masing-masing tiga kategori untuk mengikuti tahapan semi final yang akan diselenggarakan pada tanggal 22 Maret 2014 di kantor Microsoft Indonesia," katanya.

Menurt Risman, pada babak semifinal nanti, kedelapan belas tim akan mempresentasikan karya aplikasinya yang minimal 70% harus sudah selesai. Tiap tim juga diharuskan mempresentasikan karya aplikasnya tersebut dengan menggunakan bahasa Inggris tanpa menggunakan penerjemah. Kemudian, dari babak semifinal tersebut akan dipilih tiga tim terbaik dari masing-masing kategori yang akan maju ke babak final Indonesia yang akan diselenggarakan pada 11 April 2014 mendatang.

"Pada tahun ini pemenang dari tiap negara, harus lolos babak World Semi-final terlebih dahulu sebelum masuk ke World Final.  Kompetisi World Semi-final sendiri dilakukan dengan cara tim-tim pemenang dari setiap negara mengirimkan video presentasi mereka pada tanggal 25 April 2014 mendatang," jelasnya.

Kedelapan belas tim yang maju ke babak semi final untuk mempresentasikan hasil karya aplikasinya adalah sebagai berkut. Untuk Kategori Games: Captain Octopus (Institut Teknologi Bandung), Junior Studio (Univeristas Trunojoyo Madura, Bangkalan), Monzee Digital (Institut Teknologi Bandung), New Eleven Del (Institut Teknologi Del, Toba Samosir), dan Raion Elite (Universitas Brawijaya, Malang).

Kategori Innovation: DDC (Universitas Sumatera Utara, Medan), IDE DELTA (Institut Teknologi Bandung), Madina Technologies (Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Indonesia, Depok, dan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta), Stairway Studio (Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta), The Avatars (Universitas Gajah Mada, Yogyakarta), dan Wings Team (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya).

Kategori World Citizenship: DigiD2 (Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya), Dreambender (Telkom University, Bandung, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Bandung), Ganesia (Institut Teknologi Bandung), IndepenDel (Institut Teknologi Del, Toba Samosir), Luminestra (Institut Teknologi Bandung dan Telkom University, Bandung), Turangga (Telkom University, Bandung).

Tahun lalu, dalam Imagine cup 2013, Tim Solite Studio dari Universitas Tronojoyo Madura, Bangkalan dengan game Save The Hamsters berhasil mengharumkan nama bangsa dan merebut posisi kedua dunia untuk kategori Games di Imagine Cup 2013 World Final yang diselenggarakan di St. Petersburg, Rusia membuat kompetisi Imagine Cup 2014 Indonesia semakin ketat.

“Kami harus melakukan seleksi terhadap para peserta lebih ketat lagi, dengan harapan mereka yang nantinya akan mewakili Indonesia di ajang final dunia akan bisa melebihi prestasi Tim Solite Studio atau paling tidak bisa menyamainya sehingga Bendera Merah Putih bisa kembali berkibar di Imagine Cup 2014 World Final,” kata Risman.