Search
Selasa 21 Mei 2024
  • :
  • :

Indonesia akan Jadi Pasar Transaksi Online Terbesar di Asia

MAJALAH ICT – JAkarta. Tingginya pengguna mobile data atau internet yang mencapai lebih 120 juta membuat meningkatnya pula akses terhadap belanja online. Hal itu menjadikan Indonesia sebagai negara yang akan menjadi pasar transaksi online terbesar di Asia. 

Demikian kesimpulan tersebut disampaikan oleh MasterCard sebagai hasil dari MasterCard Online Shopping Behavior Study yang baru saja dirilis. "Peningkatan akses terhadap online shop yang diikuti dengan tingginya tingkat kepuasan tentu membuat Indonesia menjadi salah satu pasar transaksi online terbesar diantara negara asia lainnya. Kami ikut bersyukur karena MasterCard juga menjadi salah satu dari tiga merek yang paling dipercaya saat masyarakat Indonesia melakukan transaksi online,” papar Country Manager MasterCard Indonesia Irni Palar.

Dijelaskannya, riset yang dilaksanakan setiap tahun oleh MasterCard di total 25 negara ini sedikitnya diikuti oleh 500 orang disetiap negara. Menurutnya, ada peningkatan sebesar 2.5% terhadap jumlah orang Indonesia yang mengakses internet untuk berbelanja online disaat beberapa negara berkembang lainnya justru mengalami penurunan.

Yang menarik, katanya, pengguna transaksi online di Indonesia merasakan tingkat kepuasan paling tinggi (96%) terhadap online shopping diantara 14 negara kawasan Asia Pasifik, diikuti dengan peningkatan kemungkinan melakukan transaksi online sebesar 7,3% dibanding tahun lalu. Tingkat kepuasan yang cukup tinggi ini juga memperlihatkan tumbuhnya berbagai faktor pendukung transaksi online shopping termasuk penetrasi akses internet di Indonesia yang terus berkembang.

Dijelaskannya, dari riset yang dilakukannya, masyarakat Indonesia terbiasa untuk membaca review produk dari pengguna lain sebelum membeli barang. Selain itu, saat mereka puas dengan layanan atau produk yang ditawarkan, pengguna cenderung mengunjungi website yang sama dengan alasan kemudahan transaksi.