Search
Minggu 14 April 2024
  • :
  • :

Indonesia Berpotensi Rajai Internet Dunia

MAJALAH ICT – Jakarta. Perkembangan pengguna dan pemanfaatan internet di Indonesia kian hari kian meningkat. Bahkan, kenaikan disebut-sebut mencapai jutaan persen. Seperti dikatakan Chairman IDC, Johar Alam, saat diskusi bersamaan dengan uji coba jaringan 4G LTE PT XL Axiata, di Bali beberapa waktu lalu.

"Saat ini di Indonesia sudah ada sekitar 55 juta pengguna internet. Dan, bila dilihat secara keonomig, ini mengantarkan Indonesia pada posisi penting di Asia maupun di dunia. Sehingga, kalau pengguna kian bertambah, maka posisi ekonomi Indonesia akan makin baik lagi," kata Johar.

Hal ini diamini pula oleh Direktur Eksekutif Heru Sutadi, yang juga hadir sebagai nara sumber. Menurut Heru, dalam catatan lembaganya, pengguna internet bahkan sudah mencapai 115 juta lebih. "Angka ini sudah disampaikan saat pertemuan tingkat ASEAN beberapa waktu lalu. Angka ini didapat dari, terutama, pengguna mobile data, berdasar laporan pengguna data di semua operator," kata Heru.

Ditambahkan Heru, angka ini bisa lebih tinggi lagi jika menggunakan data terkini. Data pengguna 115 juta sendiri itu sampai akhir 2012. Dengan angka ini, artinya separuh penduduk Indonesia sudah mendapat akses internet, padahal target sesuai WSIS sendiri di tahun 2015 angka itu harus tercapai.

Dalam kesempatan itu, Heru juga menegaskan bahwa broadband mempunyai korelasi dengan peningkatan perumbuhan ekonomi. "Syaratnya harus dimanfaatkan secerdas mungkin untuk peningkatan ekonomi. Jangan cukup bangga dengan jumlah pengguna Facebook maupun Twitter yang masuk dalam 5 besar di dunia, tapi bagaimana kita bisa memanfaatkan internet secara cerdas untuk meningkatkan ekonomi, membuat kita makin sehat, makin pandai serta perlu mengembangkan aplikasi lokal agar kita mandiri sebagai bangsa," kuncinya.