Search
Selasa 21 Mei 2024
  • :
  • :

Indosat Bentuk Unit Khusus untuk Layanan Digital

MAJALAH ICT – Jakarta. Indosat mengumumkan peluncuran unit kerja Layanan Digital yang akan fokus pada pengembangan layanan seperti mobile advertising, e-commerce serta jasa keuangan dan pembayaran mobile. Unit kerja ini telah beroperasi selama satu tahun terakhir dan akan dikembangkan seiring dengan layanan yang semakin meningkat. Selain pengembangan layanan secara in-house, untuk menciptakan ekosistem layanan digital yang kuat, unit kerja ini akan bekerjasama dengan Ideabox, Indosat Startup Accelerator dan beberapa perusahaan pendanaan. Selain itu, unit kerja Layanan Digital Indosat juga akan bekerjasama dengan unit layanan digital dari grup Ooredoo sebagai induk perusahaan Indosat untuk  meningkatkan kemitraan serta jaringan global termasuk kerjasama dengan Rocket Internet, dan membantu meningkatkan layanan dan investasi di seluruh perusahaan grup Ooredoo di 17 negara.

"Dengan pertumbuhan internet mobile dan penetrasi smartphone di Indonesia, kami berharap pelanggan di Indonesia mulai memanfaatkan ponsel dan konektifitasnya untuk berbagai layanan selain layanan suara dan SMS," demikian disampaikan Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat. "Masa depan bukan lagi hanya tentang konektivitas, tetapi juga memanfaatkan layanan digital untuk meningkatkan kehidupan, baik untuk pelanggan maupun bisnis. Bagi industri telekomunikasi, kemajuan dalam bidang ini tidak mungkin terjadi tanpa adanya pengembangan, investasi dan kemitraan dalam ekosistem layanan digital. Unit kerja Layanan Digital akan berfokus pada pengembangan platform baru untuk layanan-layanan utama, menciptakan lingkungan yang tepat untuk membangun keahlian dan budaya agar dapat sukses di bisnis layanan digital yang sedang berkembang."   

Unit kerja Layanan Digital Indosat ini telah mengelola layanan keuangan mobile Indosat yaitu Dompetku dan juga menyediakan layanan iklan mobile yaitu i-klan. Unit ini juga sukses meluncurkan Ideabox, salah satu startup accelerator terbaik di Indonesia, yang akan memulai batch berikutnya pada September 2014. Dalam beberapa Bulan mendatang, unit kerja ini juga berencana meluncurkan berbagai produk menarik, seperti solusi layanan pembayaran mobile untuk usaha kecil, kartu pendamping yang memungkinkan pelanggan mobile wallet (Dompetku) dapat menarik uang tunai dari ATM, solusi kupon mobile, platform ecommerce yang ditargetkan untuk lebih mensosialisasikan layanan pembelian online, kerjasama layanan komik digital dengan konten Indonesia dan masih banyak lagi.

"Indosat telah memiliki berbagai layanan digital dengan cakupan yang luas dan kami bekerja keras untuk mengembangkan kemitraan kami dengan berbagai perusahaan terkemuka dalam layanan ini termasuk perusahaan internet global," demikian disampaikan Prashant Gokarn, Chief Strategy Officer Indosat. "Kami melihat potensi terbesar dalam layanan keuangan mobile, iklan mobile dan e-commerce, telah menciptakan unit kerja khusus untuk fokus pada layanan ini. Tidak seperti perusahaan telekomunikasi lainnya, kami tidak ingin menjalankan terlalu banyak layanan digital secara bersamaan atau membentuk unit internal yang besar, karena akan membuat pekerjaan kami menjadi tidak fokus. Sebaliknya, strategi kami adalah memiliki tim inti yang bekerja pada platform utama dan secara paralel memperluas layanan kami melalui kemitraan dan investasi strategis, baik dengan startups potensial maupun perusahaan lokal dan internasional yang memiliki budaya untuk berinovasi dengan cepat."