Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Indosat dan Ooredoo Hadirkan Mobil Klinik untuk Masyarakat Yogyakarta

MAJALAH CT – Jakarta. Indosat bersama induk perusahaannya, Ooredoo Group, hari ini menghadirkan layanan kesehatan Mobil Klinik Indosat bagi masyarakat Yogyakarta, yaitu di Dukuh Ringinsari, Dukuh Dawuh, Dukuh Sumber Watu, yang berlokasi di sekitar Candi Ratu Boko, Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Layanan kesehatan secara gratis tersebut bertujuan untuk turut menjaga kesehatan sekaligus memberikan pengobatan bagi anak-anak yang biasanya mudah terserang oleh berbagai penyakit infeksi.

Masih dalam rangkaian kegiatan sosial, Indosat bersama Ooredoo juga menyerahkan donasi untuk pengembangan budaya Yogyakarta yang diserahkan langsung oleh Chairman Ooredoo Group, Sheikh Abdullah Bin Mohammed Bin Saud Al Thani kepada Sri Sultan Hamengkubuwono X. Selain itu Indosat dan Ooredoo juga memberikan beasiswa pendidikan kepada mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) serta donasi Umroh untuk para penghafal Quran dari Yogyakarta. Rangkaian kegiatan sosial yang dilakukan ini merupakan bagian dari implementasi visi dari Ooredoo Group untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dimana perusahaan Ooredoo beroperasi, termasuk Indosat di Indonesia.

Selain landasan Struktur Kegiatan CSR Indosat, yang berupa Mobil Klinik Indosat, Indosat sendiri mengimplementasikan program Corporate Social Responsibility-nya (CSR) melalui tiga pilar yaitu Pemberdayaan Perempuan, Pendidikan dan Inovasi. Ketiga pilar CSR tersebut bertujuan untuk menambah nilai ekonomi, sosial, lingkungan dan kepedulian kepada masyarakat.

Keberadaan Mobil Klinik Indosat mendorong masyarakat meningkatkan kualitas kesehatan guna menciptakan generasi penerus bangsa yang sehat dan cerdas. Mobil Klinik Indosat memberikan layanan kesehatan secara gratis/cuma-cuma kepada masyarakat, dengan fokus anak-anak. Standard layanan yang diberikan berupa layanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan serta penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan gizi Balita. Mobil Klinik Indosat juga membantu penanganan pasca bencana. Sampai saat ini Indosat telah mengoperasikan 16 Mobil Klinik Indosat telah memberikan layanan kesehatan gratis bagi lebih dari 600.000 orang sejak tahun 2007.

"Anak-anak yang sehat akan melahirkan generasi bangsa yang kuat. Semangat tersebut yang melandasi program Mobil Klinik Indosat, dalam rangka membantu pemerintah meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui bidang kesehatan. Kami bangga, sebagai perusahaan yang beroperasi di Indonesia, sekaligus bagian dari Ooredoo Group, dapat terus berperan aktif membantu kesehatan masyarakat Indonesia. Kami memulai kembali kegiatan ini yang dimulai di wilayah Yogyakarta, kami rencanakan untuk seluruh Wilayah Indonesia akan melayani tidak kurang dari 75 ribu penerima manfaat hingga akhir Desember 2014 ini," demikian disampaikan President Director & CEO Indosat, Alexander Rusli.

Sheikh Abdullah Bin Mohammed Bin Saud Al Thani, Chairman Ooredoo Group mengatakan, Mobil Klinik ini merupakan investasi bagi masa depan masyarakat dimana kami beroperasi." ditambahkannya, "Saya merasa beruntung dapat langsung menyaksikan beroperasinya Mobil Klinik ini. Mobil Klinik telah berkeliling di berbagai wilayah, dioperasikan oleh para sukarelawan dan para tenaga medis yang profesional, serta bekerja secara aktif dengan masyarakat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Sangat menginspirasi melihat bagaimana mereka bekerja dan kami bersemangat untuk membantu mereka untuk dapat melayani masyarakat seluas mungkin, tidak hanya di Indonesia namun juga di seluruh negara dimana kami beroperasi."

Sebelumnya Ooredoo Group telah mengumumkan serangkaian inisiatif baru bersama Yayasan Leo Messi (Leo Messi Foundation) membawa Mobil Klinik yang dilakukan Indosat di Indonesia menjadi program kesehatan global untuk negara berkembang lainnya. Bekerjasama dengan Yayasan Leo Messi pada tahun 2013, program ini bertujuan memberikan layanan kesehatan untuk dua juta anak pada tahun 2016, dengan fokus di pasar Ooredoo di Timur Tengah, Afrika Utara, dan Asia Tenggara.

Kesehatan anak-anak menjadi perhatian dan fokus program Mobil Klinik Indosat, karena menurut Indonesia Report 2012, Unicef & WHO, 35,8% atau 85 juta dari total penduduk Indonesia adalah anak-anak antara usia 0-18 tahun. Dan 12% dari jumlah tersebut diatas atau 10,2 juta anak potensi terkena penyakit menular, kekurangan gizi dan kurangnya perawatan kesehatan. Kondisi ini berpotensi memunculkan berbagai penyakit menular yang paling umum diderita anak-anak yaitu infeksi pernapasan (batuk, flusakit tenggorokan), diare, cacar air, campak, dan sakit kulit lainnya.

Indosat dan Ooredoo berkomitmen untuk membantu dan mengatasi masalah ini melalui program Mobil Klinik, dimana khusus di Indonesia di hampir seluruh kota dan propinsi di Indonesia, yang dalam operasionalnya didukung oleh para mitranya antara lain Rumah Zakat, PKPU (Pos Keadilan Peduli Umat), Bulan Sabit Merah Indonesia dan Dompet Dhuafa. Indosat berencana untuk melayani 75.000 penerima manfaat secara nasional mulai September – Desember 2014 ini.