Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Indosat Gelar Smart ICT untuk Dukung Tiga Layanan Pintar

MAJALAH ICT – Jakarta. Sebagai bukti komitmen Indosat untuk terus memberikan Layanan dan pengalaman terbaik bagi pelanggan bisnis atau korporasi, Indosat kembali menyelenggarakan Indosat ICT Conference dengan tema Smart ICT for your business success. Dengan mengundang para praktisi ICT dalam dan luar negeri untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka tentang trend dan tantangan ICT dalam dunia bisnis, khususnya tentang implementasi layanan ICT yang cerdas (smart ICT) yang dapat memberikan manfaat lebih besar bagi kinerja perusahaan. 

Dalam acara ini, para ahli dan praktisi mengupas tuntas tentang implementasi, cakupan dan manfaat smart ICT bagi aktivitas bisnis yang mencakup smart mobility, yang membahas solusi cerdas komunikasi antar karyawan dengan closed-user-group(CUG) dan unified communications (UC) dan solusi cerdas untuk mengelola perangkat/mesin atau asset perusahaan dengan platform M2M yang terintegrasi. Kemudian smart connectivity, yang mengupas tuntas solusi cerdas untuk mendukung kinerja dan komunikasi intra perusahaan yang memiliki banyak cabang dengan optimasi bandwidth, serta Smart IT sourcing, yang mengupas bagaimana merencanakan, mengimplementasi, mengoperasikan ekosistem IT yang cerdas dengan pemilihan infrastruktur berbasis cloud, aplikasi berbasis cloud dan optimasi jaringan dan lalu-lintas data.

Dalam acara ini, hadir pula Ridwan Kamil, Walikota Bandung, sebagai pembicara utama yang berbagi pengalaman tentang penerapan dan pemanfaatan smart ICT dalam mendukung pengelolaan kota Bandung dan bagaimana pengaruh positif yang ditimbulkan terhadap kinerja pelayanan pemerintah kota dan manfaat yang dirasakan masyarakat secara umum.

"Saat ini, hampir seluruh perusahaan sudah memiliki tingkat pemanfaatan ICT yang tinggi untuk mendukung operasi dan layanan melalui sistem aplikasi yang terhubung ke seluruh cabang dan pemanfaatan ICT di perangkat seluler yang memungkinkan karyawan dapat bekerja dan berkolaborasi di mana pun. Tantangan yang dihadapi sekarang pun berubah, bukan lagi bagaimana ICT dimanfaatkan untuk mendukung bisnis tetapi bagaimana mengoptimalkan ICT yang diterapkan. Dengan adanya event Indosat ICT Conference 2.0 ini, kami berharap para pelanggan dan pebisnis secara umum mendapatkan informasi bagaimana menerapkan ICT yang optimal di masing-masing perusahaannya,” ujar Fadzri Sentosa, Director and Chief Wholesale & Enterprise Indosat.

Pada kesempatan yang sama, Indosat juga meluncurkan tiga layanan pintar, yaitu MyApps – Application Marketplace, yang menyediakan berbagai aplikasi bisnis berbasis cloud untuk pelanggan bisnis yang baru memulai bisnisnya (start-up) dan UKM. Ada juga WAN Optimizer, berupa layanan yang akan mengoptimalkan bandwidth jaringan antar cabang (Wide Area Network – WAN) sehingga kinerja aplikasi dan lalu-lintas data tetap tinggi. Layanan ini ditujukan bagi perusahaan yang memiliki banyak cabang yang terkoneksi dalam jaringan WAN. Dan ketinggalan, M2M Platform, berupa platform layanan M2M yang terintegrasi yang dapat mengelola seluruh perangkat/mesin atau asset dalam satu sistem aplikasi.

Baik MyApps, WAN Optimizer dan M2M Platform akan memberikan manfaat bagi perusahaan berupa kemudahan pengoperasian, percepatan implementasi, kontrol penuh oleh pelanggan. Manfaat akhir yang dapat dirasakan adalah efisiensi operasional dan peningkatan kinerja bisnis.

"Komitmen Indosat adalah menghadirkan layanan terbaik untuk mendukung operasional para pelanggan bisnis sehingga saat ini kami sedang mensinergikan kekuatan Indosat dengan Lintararta, yang juga melayani pelanggan bisnis. Kami berharap sinergi ini dan ditambah dengan layanan baru yang diluncurkan yaitu MyApps, WAN Optimizer dan M2M Platform; para pelanggan bisnis Indosat dan Lintasarta dapat terus meningkatkan dan mengembangkan bisnisnya," pungkas Fadzri Sentosa.